Share

Mungkinkah Cacar Monyet Jadi Pandemi?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 481 2598767 mungkinkah-cacar-monyet-jadi-pandemi-fcAQtUq6fl.jpg Ilustrasi Pandemi. (Foto: Freepik)

KASUS cacar monyet di beberapa negara Eropa dan Amerika Serikat (AS) tentunya mengkhawatirkan, apalagi penyakit ini mampu menular dengan mudah. Penyakit cacar monyet mengkhawatirkan, sebanyak 92 kasus telah dilaporkan ke Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan 28 lainnya dinyatakan suspek.

Awalnya, cacar monyet hanya terjadi negara-negara Afrika. Tapi, kini virus tersebut juga menyerang beberap negara Eropa bahkan mampir ke Amerika Serikat. WHO pun masih melakukan penelitian, kenala penyakit itu bisa mewabah, terlebih kebanyakan kasus di Inggris pasien tidak memiliki riwayat ke Afrika.

Lantas, apakah cacar monyet ini bisa menjadi pandemi berikutnya? Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman menjawab bahwa kemungkinan ini akan jadi pandemi sangatlah kecil. Kenapa begitu?

"Karena vaksinnya sudah ada dan banyak negara sudah memberikannya ke penduduk," ungkap Dicky pada MNC Portal, Senin (23/5/2022).

Karena vaksinnya sudah tersedia, lanjut Dicky, artinya imunitas atau kekebalan tubuh terhadap cacar sudah ada. Sedangkan, satu penyakit dikategorikan sebagai pandemi jika imunitas belum terbentuk di masyarakat.

"Dengan kata lain, dengan sendirinya potensi cacar monyet jadi pandemi menjadi sangat kecil," tegasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini