Share

Lebih Berbahaya Mana, Cacar Air atau Cacar Monyet?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 481 2598801 lebih-berbahaya-mana-cacar-air-atau-cacar-monyet-Mjrb0GFzRX.jpg Ilustrasi Cacar. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT cacar monyet memang menjadi salah satu permasalahan kesehatan baru ang melanda di Eropa. Pasalnya, penyakit yang kerap terjadi Afrika tersebut terdeteksi di beberapa negara Eropa yang pasiennya tidak bepergian ke daerah tersebut.

Hal ini tentu mengkhawatirkan, mengingat banyak negara di Eropa memiliki penerbangan langsung ke Indonesia. Yang jadi pertanyaannya, seberapa berbahayanya kah penyakit cacar monyet ini?

Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman menegaskan bahwa cacar monyet tidak begitu berbahaya, bahkan dibandingkan cacar air sekalipun. Meski begitu, pada beberapa kelompok orang cacar monyet bisa berbahaya bahkan sebabkan komplikasi serius hingga meninggal dunia.

"Jika dibandingkan dengan cacar air, cacar monyet ini kurang berbahaya. Tapi, akan beda kondisinya jika virus cacar monyet menginfeksi ibu hamil, bayi, anak-anak, atau orang dengan imunokompromais," papar Dicky pada MNC Portal, Senin (23/5/2022).

"Pada kelompok individu yang punya imunokompromais, virus cacar monyet bisa sangat fatal bahkan sebabkan kematian," terangnya.

Selain itu, komplikasi serius pada kasus berat juga bisa terjadi jika cacar monyet tidak ditangani dengan cepat dan benar. "Salah satu komplikasinya adalah masalah penglihatan," tambah Dicky.

Dia melanjutkan, meski cacar monyet ini gejalanya terkesan ringan, tapi munculnya lesi tau bekas luka di kulit, khususnya di wajah yang memang jadi ciri khas penyakit ini, akan memengaruhi aspek estetika seseorang.

Ya, lesi akibat cacar monyet jika ditangani tidak tepat atau terlambat bisa akan membekas dan itu bisa menjadi masalah estetik bagi sebagian orang. "Bekas lesi cacar monyet akan mengganggu tampilan. Ini juga harus jadi pertimbangan," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini