Share

Seberapa Efektif Teh Hijau untuk Mencegah Stroke?

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 23 Mei 2022 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 481 2598920 seberapa-efektif-teh-hijau-untuk-mencegah-stroke-gfS8XmDaru.jpg Ilustrasi Teh Hijau. (Foto: Highend)

TEH merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi orang selain kopi dan air putih. Teh pun memiliki sederet manfaat yang baik bagi kesehatan, karena memiliki antioksidan.

Teh pun memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah teh hijau yang mengandung berbagai senyawa yang dapat meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan pembuluh darah serta jantung, dan membakar lemak. Lalu, apakah manfaat teh hijau untuk stroke memang efektif? Simak penjelasannya berikut ini seperti dilansir dari KlikDokter.

Teh hijau adalah sumber antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang kuat. Minuman dengan rasa pahit yang khas ini juga punya kandungan katekin dan asam galat yang sangat baik untuk tubuh. Berkat adanya kombinasi senyawa tersebut, teh hijau dapat secara optimal meningkatkan kapasitas antioksidan darah yang melindungi partikel kolesterol β€œjahat” (low-density lipoprotein/LDL) dari oksidasi.

Teh hijau juga mengandung polifenol. Polifenol dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan memperluas alirannya, sekaligus menurunkan risiko adanya penyempitan pembuluh darah. Lalu, apakah ini berarti konsumsi teh hijau bermanfaat untuk mencegah stroke? Penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau secara rutin memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30–60 persen lebih rendah.

Teh Hijau

Senada dengan itu, penelitian pada European Journal of Preventive Cardiology mengatakan bahwa minum teh hijau sebanyak tiga kali atau lebih dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan bikin umur lebih panjang. Temuan-temuan tersebut didukung oleh penelitian lain dari Chinese Academy of Medical Sciences, Beijing, yang melibatkan 100.902 partisipan tanpa riwayat kanker, serangan jantung, atau stroke.

Dari studi tersebut, peneliti menarik kesimpulan bahwa mereka yang rutin minum teh hijau cenderung sehat untuk jangka waktu yang lebih panjang. Dari penelitian ini, sekitar 20 persen partisipan juga ditemukan memiliki risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah.

Selain itu, studi di Jepang menemukan bahwa konsumsi teh hijau > 5 cangkir sehari menurunkan risiko stroke sebanyak 59 persen dibandingkan dengan konsumsi 1 cangkir seminggu. Studi ini melibatkan 6.358 orang berusia 40–89 tahun. Studi lain di Jepang terkait manfaat teh hijau untuk stroke menunjukkan hasil yang hampir sama. Terdapat penurunan risiko stroke sebanyak 20 persen lewat konsumsi > 4 cangkir teh hijau.

Agar memperoleh manfaat optimal dari teh hijau, sebaiknya Anda mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau bersamaan dengan makanan akan menghambat penyerapan EGCG. Jadi, lebih baik berikan jeda waktu antara makan dan minum teh hijau.

Selain itu, efek teh hijau untuk stroke masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Karena sebenarnya, tidak ada makanan atau minuman yang secara ajaib mampu mencegah stroke.

Penurunan risiko stroke bisa Anda upayakan dengan menjalani pola hidup sehat dan olahraga teratur. Kendati begitu, tidak ada salahnya bila Anda mengonsumsi teh hijau secara rutin karena ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh.

Namun, Anda harus tetap ingat untuk membatasi porsi saat mengonsumsinya agar tidak berlebihan. Jangan lupa juga untuk menyandingkan konsumsi teh hijau dengan penerapan gaya hidup aktif dan sehat, agar manfaat sehatnya bisa berkali-kali lipat.

Dapatkan informasi lainnya seputar penyakit stroke dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. Jika ingin berkonsultasi seputar masalah kesehatan kepada dokter, Anda bisa menggunakan layanan Live Chat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini