Share

4 Cara Memilih dan Mengolah Daging yang Sehat agar Terhindari dari PMK

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 298 2599465 4-cara-memilih-dan-mengolah-daging-yang-sehat-agar-terhindari-dari-pmk-Mzd5XRaJNL.jpeg Tips memilih daging (Foto: Foodnetwork)

PENYAKIT mulut dan kuku (PMK) pada sapi tengah menyebar. Anda perlu pintar-pintar memilih daging. Wabah ini menyerang hewan berkuku, termasuk kambing, rusa, dan sapi. Penyebab PMK adalah virus dari famili Picornaviridae, genus Aphthovirus.

Pada hewan, gejala penyakit mulut dan kaki ditandai dengan demam akut dan muncul lepuh terutama di bagian mulut dan kaki. Hewan yang terinfeksi mengeluarkan banyak partikel virus sebelum tanda-tanda klinis muncul.

Karena merebaknya PMK, kita harus waspada khususnya dalam memilih daging. Bagaimana cara memilih daging bebas penyakit mulut dan kuku sapi? Simak ulasannya menurut dr. Devia Irine Putri yang dikutip dari Klikdokter berikut ini.

1. Pastikan Pilih Daging Segar

Tips Memilih Daging

Anda harus membeli daging yang terjamin kesegarannya. “Daging yang baik memiliki warna merah segar dan kenyal, tidak berlendir dan lembek, serta tidak bau busuk,” ucap dr. Devia.

BACA JUGA : Curhat Pembeli Daging Sapi di Tengah Wabah Penyakit Mulut dan Kuku

BACA JUGA : 3,9 Juta Hewan Ternak di RI Terjangkit Wabah PMK

2. Cuci Daging Sampai Bersih

Setelah membeli daging, cuci dengan air bersih sebelum dimasak. Jika daging tidak ingin langsung dimasak, jangan dicuci dulu. Lebih baik pindahkan ke wadah yang kedap udara lalu simpan di freezer.

3. Masak Daging Sampai Matang

Masak daging hingga matang sempurna. Hindari memasak daging setengah matang. Takutnya, masih ada bakteri ataupun virus yang menempel pada daging. Bila daging yang belum matang dikonsumsi, risiko penyakit bisa saja muncul.

4. Jangan Buang Bungkus Daging Sembarangan

Sebelum membuang kemasan daging, Anda dapat merendamnya terlebih dahulu dengan pembersih misalnya detergen. Cara ini dapat membantu mencegah penyebaran virus PMK.

Selain daging, Anda juga tetap dapat mengonsumsi susu sapi atau produk olahannya. Yang penting, pastikan produk tersebut telah melalui proses pengolahan dengan baik dan terjamin kualitasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini