Share

RI Catat 14 Kasus Hepatitis Akut, Wamenkes Ungkap Alasan Belum Bentuk Satgas

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 481 2599268 sudah-14-kasus-wamenkes-ungkap-alasan-belum-bentuk-satgas-hepatitis-akut-3u81KskP8r.jpg Wamenkes RI (Foto: YouTube/Komisi IX DPR RI Channel)

HEPATITIS akut yang menyerang anak telah merebak ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, tercatat ada 14 kasus hepatitis akut. 

Dengan jumlah kasus tersebut, muncul wacana untuk dibentuk satuan tugas (satgas) penanganan hepatitis akut. Mengenai hal tersebut, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menjelaskan alasan belum membentuk satgas khusus penyakit yang disebut juga hepatitis misterius ini. Wamenkes Dante mengatakan, ada beberapa pertimbangan untuk membentuk satgas penanganan khusus suatu penyakit. 

Wamenkes Dante

"Nanti kalau kita rasa cukup bahwa kasus ini akan merebak cepat, atau memang kita perlu pembentukan satgas untuk melakukan evaluasi surveilans. Maka kita akan melakukan pembentukan satgas," ujar Wamenkes Dante dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (23/5/2022)

BACA JUGA : 5 Dugaan asal Hepatitis Misterius, Varian Baru Covid-19?

Lebih lanjut, dia mengatakan pemerintah akan membentuk Satgas dengan alasan yang pasti. Penyebab pasti dari penyakit ini sendiri masih belum diketahui. Diketahui, satu virus dominan ditemukan dalam penelitian yaitu Adenovirus. Virus yang diketahui menginfeksi saluran respirasi manusia.

"Dengan kondisi yang belum diketahui bagaimana cara penularannya, apakah melalui respirasi melalui droplet, apakah melalui oral atau makanan yang biasanya pada kasus hepatitis, atau apakah bagian dari pasca-Covid yang sudah ada sebelumnya. Ini yang belum diketahui," jelasnya

BACA JUGA : Jadi KLB, Hepatitis Akut Masih Misterius

Secara rinci, Dante menjelaskan ada 5 hipotesis jadi bukti, mengapa adanya hepatitis akut misterius di dunia, antara lain;

1. Virus Adenovirus

2. Virus SARs-COV-2 pasca terinfeksi

3. Obat, racun dan lingkungan

4. Pantogen baru

5. Varian baru SARs-COV-2

Dante mengatakan jika, Adenovirus dijadikan atau masuk dalam hipotesis karena ditemukan dalam penelitian pada anak yang terinfeksi virus Hepatitis akut misterius ini. Jumlah mendominasi sekitar 70 persen anak ditemukan adanya virus Adenovirus.

"Adenovirus jadi virus yang berada di saluran respirasi (pernafasan), di mana sebagian anak atau 70 persen ditemukan dalam penelitian," tambahnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini