Share

Begini Tanda-Tanda Sembuhnya Cacar Air yang Perlu Diketahui

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 481 2599380 begini-tanda-tanda-sembuhnya-cacar-air-yang-perlu-diketahui-XlDEEkb5PQ.jpg Ilustrasi Cacar Air. (Foto: Shutterstock)

ADA tanda-tanda sembuhnya cacar air atau chickenpox yang perlu diketahui. Cacar air disebabkan oleh virus Varicella zoster yang mampu menular dengan cepat melalui udara saat sang penderita batuk maupun bersin, serta kontak langsung dari cairan lendir, ludah, maupun dari lepuhan pada kulit.

Cacar air kerap ditandai dengan ruam kemerahan berisi cairan yang terasa sangat gatal di seluruh tubuh. Penyakit ini umumnya dapat sembuh sendiri dalam 2 minggu.

Cacar air juga dapat menular kepada seseorang yang belum pernah mengalami cacar air saat masih kecil. Selain itu cacar air juga dapat menyerang kepada orang yang belum mendapatkan vaksin cacar air.

Cacar Air

Terkadang, tanda-tanda cacar air akan sembuh tak diketahui oleh sang penderita. Lantas, bagaimana cara mengetahui cacar air akan sembuh? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Pada umumnya lesi atau ruam kemerahan yang berisi cairan pada kulit akan mengering setelah 4 hingga 6 hari dan disertai dengan rasa gatal. Proses pengeluaran lesi pada kulit dapat berlangsung selama 3 hingga 6 hari.

Perlu diketahui, jika saat ini tidak ada lesi baru yang muncul, maka kemungkinan pasien telah memasuki masa pemulihan. Akan tetapi tidak disarankan untuk memecahkan gelembung yang masih ada. Pasalnya dapat berpotensi menularkan virus ke tempat lainnya.

Adapun proses penyembuhan cacar air tanpa komplikasi berlangsung selama 7 hingga 14 hari sampai lesi di kulit mengering dan terkelupas. Untuk mempercepat proses pengeringan, gunakan pakaian yang sedikit longgar. Hindari pula menggosok lesi pada kulit yang sedang berbentuk gelembung ataupun telah mengering.

Untuk mempercepat penyembuhan, sering kali dokter memberikan obat antivirus. Oleh sebab itu, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu agar penyembuhan berlangsung dengan baik.

Demikianlah tanda-tanda cacar air yang akan sembuh. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan diri agar terhindar dari cacar air yang tak kunjung sembuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini