Share

Ini 5 Cara Mencegah Cacar Air Agar Tidak Bertambah Banyak

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 481 2599387 ini-5-cara-mencegah-cacar-air-agar-tidak-bertambah-banyak-cqeMeaNQH9.jpg Ilustrasi Cacar Air. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA cara mencegah cacar air agar tidak bertambah banyak akan dibahas pada artikel kali ini. Cacar air atau chickenpox termasuk infeksi yang menyebabkan ruam pada kulit. Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella-zoster.

Virus cacar air ini mampu menular dengan cepat melalui udara saat penderita batuk maupun bersin. Selain itu, juga kontak langsung dari cairan lendir, ludah, maupun dari lepuhan pada kulit.

Mayoritas orang yang terkena virus ini ketika masih muda belum mendapat vaksin cacar air. Selain itu, anak yang menderita cacar air dapat dengan mudah menularkan virus kepada anak-anak lain. Tak heran, kebanyakan penderita cacar air adalah anak-anak.

Perlu diketahui, cacar air dapat bertambah banyak jika ruam atau lesi pada kulit yang berisi cairan meletus dan mengenai area lainnya. Sehingga area yang tak terkena cacar akan tertular.

Lantas, bagaimana cara mencegah cacar air agar tidak bertambah banyak? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Istirahat cukup

Penderita cacar air umumnya diminta untuk beristirahat yang cukup agar daya tahan tubuhnya kuat. Dengan begitu, mampu mempercepat proses penyembuhan.

Istirahat berkisar antara 7 hingga 8 jam setiap malam ternyata mampu meningkatkan pembentukan jaringan baru pada jaringan kulit yang rusak akibat serangan virus varicella zoster.

Mandi secara rutin

Selain tidur cukup, mandi secara teratur juga mampu mencegah cacar air semakin banyak. Penderita dapat menggunakan air hangat dan sabun antiseptik. Saat mandi sebisa mungkin menggosok secara perlahan tanpa harus memecahkan lesi berisi cairan yang ada dipermukaan kulit.

Jangan Menggaruk lesi

Sebisa mungkin menahan keinginan untuk menggaruk lesi berisi cairan. Pasalnya, hal itu hanya akan menginfeksi kulit yang ada di dekatnya jika cairan menyembur keluar.

Lesi yang digaruk umumnya akan membentuk luka baru yang rentan terkena infeksi dari bakteri jenis lain melalui udara dan akan meninggalkan bekas kehitaman. Gatal akan hilang sendiri seiring berjalannya waktu bersamaan dengan proses pemulihan.

Jaga pola makan sehat

Meningkatkan nutrisi pada makanan dan minuman juga sebagai cara mencegah cacar air bertambah banyak. Pola makan yang sehat dapat membantu mempercepat kesembuhan penyakit cacar air.

Pasalnya, nutrisi yang ada pada makanan akan memperbaiki jaringan kulit, mempertebal imunitas tubuh dan mengembalikan tubuh dalam hal kemampuannya menolak benda asing. Hindari mengkonsumsi junk food yang akan menurunkan daya tahan tubuh dan mengacaukan sel-sel pada jaringan kulit yang rusak akibat cacar air.

Rutin mengganti pakaian

Selain rajin mandi, cara mencegah cacar air bertambah banyak adalah mengganti baju yang dikenakan 2 hingga beberapa kali untuk memblokir pergerakan virus menyebar ke bagian tubuh lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini