Share

Ini Cara Menangani Jika Terkena Penyakit Virus Cacar Monyet

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 481 2599527 ini-cara-menangani-jika-terkena-penyakit-virus-cacar-monyet-nKjfLTsgQh.jpg Ilustrasi Cacar Monyet. (Foto: Freepik)

KENALI cara menangani jika terkena penyakit virus Cacar Monyet. Cacar monyet alias monkeypox termasuk penyakit infeksi virus yang disebabkan oleh virus langka dari hewan (virus zoonosis), cacar monyet sendiri dapat menular dari hewan ke manusia atau manusia ke manusia.

Penularan penyakit ini antar manusia melalui kontak langsung dengan lenting atau luka di kulit, cairan tubuh, droplet (percikan air liur) yang dikeluarkan saat bersin dan batuk, serta menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus monkeypox.

Lantas, bagaimana cara menangani penyakit satu ini? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini seperti dilansir dari situs WHO.

Cacar monyet termasuk penyakit lama yang saat ini belum ada perawatan khusus. Sejauh ini belum ditemukan pengobatan khusus untuk cacar monyet di Indonesia, mengingat kasus penyakit ini memang belum ditemukan di Indonesia.

Perlu diketahui, ada vaksin untuk infeksi cacar monyet hanya saja kini vaksin tersebut belum ada lagi. Adapun beberapa vaksin untuk mengendalikan cacar monyet, seperti vaksin cacar, cidofovir, vaksin ST-246, dan vaccinia immune globulin (VIG).

Untuk meminimalisir penyebaran dapat dilakukan pencegahan. Menurut World Health Organization (WHO) pencegahan pertama yang dapat dilakukan dengan menghindari kontak dengan tikus dan primata.

Kemudian menggunakan sarung tangan saat menangani hewan yang sakit atau sedang terinfeksi, dan selama prosedur pemotongan hewan. Untuk pencegahan, sebisa mungkin jangan sampai terkontak langsung dengan darah hewan.

Sementara untuk mencegah penularan dari manusia ke manusia, sebisa mungkin hindari kontak terhadap pasien cacar monyet. Gunakan pula sarung tangan dan peralatan pelindung saat merawat orang sakit.

Jangan lupa untuk cuci tangan setelah merawat atau mengunjungi orang sakit. Selain itu, usahakan ruangan merawat pasien steril.

Demikianlah cara menangani dan mencegah dari penyakit cacar monyet atau monkeypox yang perlu diketahui. Alangkah baiknya untuk terus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini