Share

Cegah Makin Parah, Penderita Kanker Jangan Sampai Telat Berobat

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 481 2599662 cegah-makin-parah-penderita-kanker-jangan-sampai-telat-berobat-DJ2m3p2S1n.jpg Penderita kanker jangan takut berobat (Foto: Docwire)

KANKER selama ini menjadi salah satu penyakit pembunuh. Oleh karena itu para dokter yang menangani kasus kanker payudara dan serviks berpesan agar penderita kanker untuk tidak takut memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan bila menemukan suatu kelainan.

Bagi wanita, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan payudara sendiri alias Sadari.

 sadari

Kelainan yang bisa menjadi kecurigaan keganasan kanker antara lain tumor payudara yang secara klinis tidak jelas suatu tumor jinak, kista payudara yang cairannya berdarah, keluarnya darah atau cairan dari puting susu atau pada aerola terdapat koreng dan gambaran seperti eksim.

Bila terjadi kelainan suatu keganasan, maka kita bisa kehilangan waktu. Jika tak segera berobat. Jangan menunggu penyakit kanker makin parah baru berobat.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi Medik MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, Sp.PD-KHOM menjelaskan, pasien tak perlu takut berobat. Apalagi pasien pasti mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih maksimal, terutama penanganan kanker.

"Akses dan komunikasi dokter spesialis onkologi di daerah dan Jakarta sudah luas dan terbuka lebar, sehingga jika ditemukan kasus-kasus yang perlu penanganan lebih lanjut di Jakarta, hal ini tentunya dapat dilakukan karena riwayat medis pasien sudah dipelajari oleh para dokter spesialis,” terang Doter Sudoyo.

Pasien kanker di daerah yang dirawat di Siloam Hospitals Banjarmasin bisa dilanjutkan perawatannya di Jakarta jika memang membutuhkan perawatan lanjutan.

 BACA JUGA:Pasien Kanker Anak Butuh Diperhatikan, Ini Bentuk Kepedulian Indra Warkop

"Intinya, pasien jangan takut berobat agar bisa segera ditangani dan segera sembuh. Jangan sampai telat dan parah," imbuhnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini