Share

Kalori Nasi Goreng dan Nutrisinya yang Wajib Anda Tahu jika Doyan Makanan Ini

Tim Okezone, Okezone · Rabu 25 Mei 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 298 2600318 kalori-nasi-goreng-dan-nutrisinya-yang-wajib-anda-tahu-jika-doyan-makanan-ini-4PLlvyPGHM.jpeg Kalori Nasi Goreng (Foto: Okezone)

KALORI nasi goreng satu porsi atau sepiring penting untuk Anda ketahui. Karena, Anda harus sadar berapa kalori yang akan masuk saat memesan nasi goreng.

Anda harus tahu, sepiring nasi goreng mengandung sekitar 228-400 kalori per porsi. Umumnya, nasi goreng yang Anda makan terdiri dari bahan utama nasi putih yang ditambahkan dengan sayur, daging, telur, kerupuk, dan lainnya.

Nah, jumlah kalori dari kerupuknya saja sudah mencapai 200 kalori. Maka tak heran, jika aneka variasi dari nasi goreng yang bermacam-macam ini tergolong makanan tinggi kalori.

Kalori Nasi Goreng

(Kalori Nasi Goreng, Foto: Okezone)

Belum lagi, nasi goreng juga termasuk makanan tinggi lemak jenuh. Karena ada unsur penggunaan minyak meski sedikit.

Terlepas dari itu, mari kita membedah satu per satu apa saja kandungan nutrisi yang terdapat dalam sepiring nasi goreng. Simak ulasannya lebih lanjut berikut ini, dikutip Livestrong.

Lemak

Seporsi sajian nasi goreng mengandung sekira 12 gram-14 gram lemak. Karena jenis minyak yang digunakan rata-rata minyak kelapa sawit yang bisa berubah menjadi lemak tak jenuh. Jumlah lemak nasi goreng yang dijual oleh pedagang kaki lima juga diklaim mengandung lebih tinggi lemak. Banyak konsumsi lemak tak jenuh memicu obesitas. Untuk mencegahnya, Anda bisa tetap makan nasi goreng tapi harus bikin sendiri di rumah. Perhatikan minyak yang digunakan, harus mengandung vitamin A, D, E dan K.

BACA JUGA : Mencicipi Kuliner Unik Nasi Goreng Rawon, Gimana Rasanya?

Karbohidrat

Lebih dari separuh kalori dalam satu porsi nasi goreng berasal dari karbohidrat, dengan jumlah 40 gram-50 gram. Nah, bahan utama pembuatan nasi goreng ini tentu menggunakan nasi putih. Yang kita tahu nasi putih juga mengandung tinggi glukosa dan tergolong karbohidrat kompleks. Jika dimakan berlebihan, Anda bisa mendapatkan gangguan kesehatan di kemudian hari. Paling sering yakni memicu obesitas dan gangguan penyakit berbahaya lainnya dalam jangka panjang.

BACA JUGA : 15 Nasi Goreng Enak di Yogyakarta Paling Hits, Dijamin Ketagihan!

Protein

Jika Anda menambahkan potongan daging dan telur, tentu Anda bisa mendapatkan tambahan protein saat makan nasi goreng. Disebutkan ahli gizi, nasi goreng ayam mengandung sekira 12 gram protein, nasi goreng udang mengandung 11 gram protein. Ditambah dengan telur yang mencapai 10 gram protein. Maka, jangan lupa untuk menambahkan potongan daging untuk menyeimbangkan nutrisi karbohidrat dari nasi, serta sebagai pelengkap nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Vitamin dan mineral

Nasi goreng juga menyediakan beberapa vitamin dan mineral penting, namun sayangnya juga mengandung tinggi natrium. Karena setiap membuat nasi goreng pasti Anda menambahkan garam dan MSG sebagai penyedap. Belum lagi ditambah kecap atau saus. Terlepas dari itu, nasi goreng menyediakan mineral kalsium, besi, magnesium, fosfor, potasium dan jumlah tembaga dan mangan.

Serat

Nasi putih juga mengandung sekira 1,5 gram serat per porsinya. Tapi saat membuat nasi goreng, Anda wajib menambahkan sayuran untuk memperkaya serat yang Anda butuhkan. Kalau mau sehat, saat bikin nasi goreng sebaiknya perbanyak sayuran dari jumlah porsi nasinya. Tapi sayangnya, orang Indonesia justru punya kebiasaan sebaliknya saat makan nasi goreng. Mereka memperbanyak jumlah nasi dan bahkan tidak menambahkan sayuran sedikitpun dalam piring saji.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini