Share

10 Penyebab Sakit Perut di Pagi Hari dan Cara Mengobatinya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2022 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 481 2600051 10-penyebab-sakit-perut-di-pagi-hari-dan-cara-mengobatinya-o2lb3quUpT.jpg Ilustrasi Sakit Perut di Pagi Hari. (Foto: Shutterstock)

ADA 10 penyebab sakit perut di pagi hari, dan cara mengobatinya pun tidak terlalu sulit. Memang, sakit perut adalah salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh banyak orang, tanpa memandang usia dan jenis kelamin.

Masing-masing dari kita akan mengalami beberapa jenis sakit perut, setidaknya beberapa kali dalam hidup. Nah, berikut 10 penyebab sakit perut di pagi hari dan cara mengobatinya yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

Gas dalam perut

Perlu Anda tahu, ada berbagai jenis sakit perut yang dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Salah satu penyebab paling umum dari sakit perut adalah gastritis atau akumulasi gas dalam perut, di mana menimbulkan tekanan pada otot dan jaringan yang menyebabkan rasa sakit. Untuk itu mengobatinya dengan minum air putih, jangan langsung pergi ke kamar mandi untuk buang air besar.

Diare

Pada beberapa penyakit, biasanya menimbulkan gejala yang sama. Diagnosis dokter yang tepat akan menentukan penyakit apa yang sebenarnya sedang Anda alami. Diare menjadi salah satu masalah yang biasa menyerang perut. Namun, siapa sangka, bila nyeri perut itu tidak hilang dan diare pun tetap bertahan. Untuk itu minum olarit agar mengobati gejala diare.

Sindrom iritasi usus

Penyakit ini memiliki beberapa gejala di antaranya serangan kram perut, kembung, diare, serta sembelit. Kondisi ini sering dialami oleh perempuan daripada laki-laki. Hindari minum kopi jika sudah mengalami sakit perut di pagi hari. Karena, kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan peradangan dan memperburuk rasa sakit.

Sakit perut

Radang Usus

Penyakit radang usus tergantung pada tingkat keparahan peradangan dan di lokasi mana peradangan itu terjadi. Gejala dapat terjadi mulai dari ringan hingga berat.

Haid

Kram salah satu yang menyebabkan gejala nyeri di perut yang timbul. Untuk mengobatinya, anda juga dapat mencoba menempatkan kantong air hangat pada perut Anda. Cara ini dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga mengurangi rasa sakit perut ketika bangun tidur di pagi hari.

Sembelit

Sembelit merupakan salah satu penyakit yang paling umum diderita oleh manusia. Seseorang akan menghabiskan banyak waktu di toilet, setiap pagi, namun hasilnya sia-sia karena tinja yang mengeras dan sulit keluar.

Tentu saja ini bisa menjadi sebuah masalah yang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Sembelit sendiri adalah penyakit terkait gaya hidup di mana tinja mengeras di usus dan tidak keluar dari tubuh dengan mudah atau teratur. Untuk mengobatinya bisa mengonsumsi makanan berserat.

Pankreatitis

Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri di perut bagian atas, dengan nyeri menjalar ke punggung. Untuk mencegahnya agar banyak mengonsumsi buah atau bisa periksa ke dokter langsung.

 

Divertikulitis

Penyakit ini terjadi saat salah satu kantung ini terinfeksi atau meradang, menyebabkan nyeri di perut kiri bawah.

Empedu

Penyakit batu empedu merupakan gangguan pencernaan yang kerap ditemukan, namun sering tidak disadari. Penyakit batu empedu atau cholelithiasis adalah penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami sakit perut mendadak akibat adanya batu di dalam kantong empedu. Cobalah minum air putih hangat yang dicampur dengan jahe untuk mengatasi sakit perut setelah bangun tidur.

Alergi makanan

Jika memiliki alergi makan akan tidak mampu mencerna jenis makanan tertentu bisa menjadi salah satu penyebab sakit perut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini