Share

Apa itu Cacar Monyet? Yuk Kenali 7 Gejalanya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2022 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 481 2600142 apa-itu-cacar-monyet-yuk-kenali-7-gejalanya-RTHAHytxgn.jpg Ilustrasi Anak Kena Cacar Monyet. (Foto: Freepik)

APA itu cacar monyet alias monkeypox yang tengah menyerang banyak negara di Eropa? Cacar monyet sendiri adalah penyakit infeksi virus langka. Virus ini pun menjadi salah satu virus yang ditularkan dari hewan atau virus zoonosis.

Cacar monyet pun terkenal karena banyak menginfeksi orang Afrika. Namun, kini penyakit infeksi tersebut mewabah di negara non-Afrika dan itu yang membuat peneliti bingung.

Laporan ini menyusul konfirmasi kasus di Inggris, Amerika Serikat (AS), Spanyol dan Portugal, serta penyelidikan 13 kasus yang dicurigai di Kanada. Selain itu, cacar monyet paling sering terjadi di daerah terpencil di Afrika Tengah dan Barat.

Sebab, sebagian besar kasus tidak terkait dengan perjalanan ke Afrika. Artinya, penyebaran cacar monyet yang terjadi sekarang diduga berbeda dengan penularan cacar monyet di Afrika yang selama ini sudah diketahui dalam dunia medis.

Virus tidak menyebar dengan mudah di antara orang-orang dan risiko terhadap masyarakat luas dikatakan sangat rendah. Sumber infeksi ini belum dikonfirmasi tetapi kasus tampaknya "didapat secara lokal"

Kasus cacar monyet pada awalnya hanya mengintai pria yang berhubungan badan dengan pria, atau mereka yang biseksual. Tapi, kini kasus tidak lagi spesifik pada kelompok tertentu saja.

Penyakit ini pertama kali ditemukan pada 1958 ketika dua penyakit mirip cacar terjadi di koloni monyet yang tengah diteliti. Itu kenapa nama penyakitnya cacar monyet. Kasus pertama cacar monyet pada manusia tercatat pada 1970 di Kongo.

Berikut apa itu cacar monyet berikut dengan gejalanya:

1. Demam, bahkan bisa disertai menggigil

2. Sakit kepala

3. Pembesaran kelenjar getah bening

4. Nyeri otot

5. Lelah

6. Pada beberapa kasus disertai batuk atau sakit punggung

7. Ruam yang menyebar ke seluruh tubuh, yang menjadi pustula..

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini