Share

Ini Makna Kain Batik Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 194 2600649 ini-makna-kain-batik-pernikahan-adik-jokowi-dan-ketua-mk-CdPY3hOxpX.jpg Pernikahan adik Jokowi dengan Ketua MK (Foto: Pengantin Production)

PERNIKAHAN Adik Jokowi, Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman jadi sorotan publik hari ini, Kamis (26/5/2022). Keduanya menikah di depan Presiden Jokowi di Solo.

Ada hal menarik di balik pernikahan adik Jokowi dan Ketua MK ini. Ya, pengantin baru tersebut mengenakan kain batik berwarna krem terang di hari pernikahan.

Idayati memadukan kain batik tersebut dengan kebaya krem yang lebih muda. Hijab dan selendang brokat ditambahkan untuk menghiasi kepalanya. Sementara itu, Anwar Usman menggunakan beskap khas Jawa lengkap dengan blangkonnya.

Adik Jokowi Menikah

Jika diperhatikan lebih detail, kain batik yang dikenakan Idayati dan Anwar Usman bermotif Sidomulyo. Motif tersebut memang kerap hadir di acara-acara penting nan spesial, termasuk bagi pengantin.

BACA JUGA : Potret Adik Jokowi Menikah dengan Ketua MK, Cantik Pakai Kebaya Krem

Tahukah Anda bahwa motif Sidomulyo punya makna sendiri bagi si pemakainya?

Dijelaskan Desainer Motif Batik dan Penggiat Batik Tulis Pewarna Alami, Agnes Dwina Herdiasti, motif Sidomulyo memang biasa dipakai oleh pengantin.

Adik Jokowi Menikah

"Motif batik Sidomulyo memang kerap dipakai untuk perayaan-perayaan penting, salah satunya pernikahan dan itu yang dikenakan adik Jokowi dan suaminya," terang Agnes saat dihubungi MNC Portal, Kamis (26/5/2022).

BACA JUGA : Foto-Foto Pernikahan Adik Jokowi dengan Anwar Usman, Mempelai Wanita Terlihat Anggun

Motif Sidomulyo, kata Agnes, punya makna mendalam bagi si pemakainya. Secara harfiah, Sidomulyo itu artinya menjadi mulia.

Tak hanya itu, objek yang terdapat di dalam motif Sido biasanya terdapat objek mahkota yang melambangkan raja, pemegang kekuasaan, atau orang terhormat.

Terdapat objek lainnya juga yang mewakili Triloka atau 3 dunia yaitu langit, bumi, dan bawah bumi misalnya air.

"Langit biasanya diwakili sawat atau sayap sebelah yang juga merupakan senjata andalan Batara Indra. Bumi atau tanah diwakili tanaman atau hewan yang hidup di tanah seperti ayam. Lalu, air diwakili dengan kapal atau ikan biasanya," papar Agnes.

Lebih lanjut, objek diagonal berbentuk petak-petak intan menurut Agnes adalah pengembangan dari Vajra atau Bajra yang merupakan sejenis senjata yang dimiliki Batara Indra.

"Vajra sendiri punya dua arti, petir dan intan. Jadi, bisa bermakna perlindungan terhadap hal-hal negatif," tambahnya.

Bentuk Vajra sendiri bisa ditemukan di beberapa candi Hindu atau Budha abad ke-9 atau 10. "Jadi, pagar berbentuk intan pada batik Sidomulyo dimaksudkan sebagai penjaga atau proteksi bagi pemakainya," tutur Agnes.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini