Share

Resep Membuat Donat ala Restoran di Rumah, Gampang Banget!

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 298 2600451 resep-membuat-donat-ala-restoran-di-rumah-gampang-banget-i0mv4bp2ur.jpg Resep membuat donat (Foto: YouTube/Resep Abi)

DONAT salah satu kudapan manis yang paling digemari orang di Indonesia. Selain rasanya lezat, teksturnya juga sangat lembut.

Mau donat yang seenak restoran? bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Selain menjadi camilan sendiri juga bisa dijadikan ide untuk jualan. Rasanya tak kalah lezat dari aslinya, dijamin laris manis apalagi dijual kepada anak-anak.

Dikutip dari channel YouTube Resep Abi, berikut ini cara membuat donat ala restoran yang bisa dicoba membuatnya sendiri di rumah. Berikut ulasannya.

Donat

Bahan-bahan: 

250 gram tepung terigu protein tinggi

50 gram gula pasir

2 butir kuning telur

30 gram margarin yang sudah dilelehkan

1/2 sendok teh baking powder

5 gram ragi instan

Garam secukupnya

Pelembut makanan atau adonan secukupnya

Vanili secukupnya (optional)

150 mililiter air hangat

Aneka topping untuk donat

BACA JUGA : Resep Donat Kentang Lembut Tanpa Telur, Rasanya Lezat dan Crispy

BACA JUGA : Yuk Bikin Donat Kentang Empuk ala Susi Pudjiastuti, Cocok untuk Camilan di Rumah

Cara membuatnya:

- Masukan tepung terigu, gula pasir, baking powder, ragi instan dan vanili. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

- Kemudian masukkan kuning telur, pelembut kurang lebih 3-4 tetes. Lalu aduk menggunakan tangan, sebelumnya cuci tangan lebih dahulu agar lebih bersih. Setelah itu masukan air hangat, aduk kembali sampai rata.

- Lalu setelah teraduk rata, masukkan garam dan aduk rata lagi. TTerakhir masukan margarin yang sudah dilelehkan, aduk-aduk adonan kembali hingga kalis.

- Jika adonan lengket, bisa ditambahkan sedikit demi sedikit tepung terigu sampai tidak lengket.

- Setelah adonan kalis, siapkan tempat untuk membentuk donat. Sebelumnya tambur lebih dulu dengan tepung terigu, tempat untuk membentuk donat tersebut.

- Potong-potong adonan menjadi beberapa bagian, dan timbang. Gunakan 40 gram untuk satu donat, lakukan terus sampai adonan selesai ditimbang.

- Setelah selesai ditimbang, betung adonan menjadi bulat, taruh di atas kertas minyak atau roti. Lakukan berulang sampai selesai. Lalu tutup dengan kain, tunggu sampai 15 meniit hingga adonannya mengembang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini