Share

Peneliti Sebut Obat Antivirus Tecovirimat Persingkat Gejala Cacar Monyet

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 481 2600608 peneliti-sebut-obat-antivirus-tecovirimat-persingkat-gejala-cacar-monyet-yalmxo8hFO.jpg Obat Tecovirimat disebut ampuh persingkat gejala cacar monyet (Foto: Medicaldaily)

KASUS cacar monyet yang berkembang pesat membuat peneliti terus mencari obat sebagai penangkalnya. Terbaru, peneliti menyebut obat antivirus untuk cacar air cukup efektif mengatasi monkeypox.

Para peneliti menjelaskan obat itu (Tecovirimat) akan diberikan berdasarkan kasus per kasus. Dalam penelitian mereka, obat itu diberikan untuk pasien di rumah sakit yang membuatnya cepat pulang ke rumah.

"Meskipun ukuran penelitiannya kecil, data yang diperoleh dari tujuh kasus kaya, memberi tim wawasan baru dan menyarankan arah perjalanan untuk penelitian masa depan," ujar Penulis pertama di atas kertas, Hugh Adler dari Liverpool School of Tropical Medicine, dilansir Sky News, Kamis (26/5/2022)

Obat Cacar

Apakah Bisa Atasi Monkeypox?

Dalam penelitian tersebut, mengatakan Tecovirimat dapat mempersingkat durasi gejala cacar monyet dan mengurangi lamanya waktu pasien menularkan.

Penelitian tersebut, mengamati tanggapan pasien terhadap dua obat antivirus berbeda yang dikembangkan untuk, dan dalam keadaan siaga untuk mengobati cacar yaitu brincidofovir dan tecovirimat. Namun, hanya tecovirimat yang diungkapkan.

BACA JUGA : Cacar Monyet Rentan Menyerang Anak-Anak?

BACA JUGA : Apa itu Cacar Monyet? Yuk Kenali 7 Gejalanya

Perlu diketahui, cacar monyet kemungkinan besar ditularkan melalui kontak fisik dekat, menyentuh pakaian, tempat tidur, atau handuk yang digunakan oleh seseorang dengan ruam cacar monyet, menyentuh lepuh atau koreng pada kulit cacar monyet.

Ada risiko yang lebih kecil untuk menyebar melalui batuk dan bersin, dan karena kontak tatap muka yang lama akan diperlukan. Ini bukan salah satu rute utama penularan virus cacar monyet.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini