Share

6 Cara Mengobati Flu Singapura, Redakan Gejalanya Supaya Tak Makin Serius!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 481 2600743 6-cara-mengobati-flu-singapura-redakan-gejalanya-supaya-tak-makin-serius-hyF01qnCMG.jpg 6 Cara Mengobati Flu Singapura (Foto: Timesofindia)

6 CARA mengobati flu Singapura penting untuk Anda ketahui. Flu Singapura bukan penyakit baru. Masalah kesehatan yang satu ini lebih banyak menyerang anak-anak dengan gejala berfokus pada tangan, kaki, dan mulut.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Sumardi, SpPD, Flu Singapura bukan penyakit berbahaya. Meski begitu, ketika sumber penyebab menginfeksi bayi, gejala akan lebih serius hingga mengancam nyawa.

"Flu Singapura bukan penyakit serius. Tapi, jangan diremehkan juga terutama bagi anak-anak, khusus anak dengan asma, gangguan jantung, dan kanker paru-paru," terang dr Sumardi, dikutip dari laman Universitas Gadjah Mada, Kamis (26/5/2022).

6 Cara Mengobati Flu Singapura

(6 Cara Mengobati Flu Singapura, Foto: Timesofindia)

Dijelaskan dr Sumardi bahwa gejala awal Flu Singapura atau dalam dunia medis dikenal dengan hand, foot and mouth disease (HFMD), adalah demam, tenggorokan sakit, pilek, dan disertai dengan muncul ruam merah berisi cairan pada telapak tangan, kaki, dan mulut. Inkubasi virus berlangsung 2-4 hari.

"Prevalensi kasus Flu Singapura banyak pada bayi dan anak-anak. Orang dewasa yang punya kekebalan tubuh lebih kuat jarang terinfeksi Flu Singapura, sekalipun terinfeksi gejala hanya sariawan," tambah dr Sumardi.

BACA JUGA : Kenali Gejala, Penyebab dan Pengobatan Flu Singapura

Nah, bicara soal pengobatan Flu Singapura, dr Sumardi menegaskan bahwa tidak ada obat khusus Flu Singapura. Biasanya dokter akan memberikan multivitamin untuk meningaktkan daya tahan tubuh.

BACA JUGA : Dikenal Sebagai Flu Singapura, Penyakit Tangan Kaki dan Mulut Bisa Sebabkan Meningitis Loh

Kemudian, jika pasien demam maka obat penurun panas akan diberikan. Pun jika pasien sudah mengalami ruam kulit, salep akan diberikan untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan perih pada ruam tersebut.

"Tidak ada pengobatan khusus pada penanganan Flu Singapura. Sebab, penyakit akan sembuh sendiri jika kekebalan tubuh pasien terus diperkuat," ungkap dr Sumardi.

Meski belum ada obat khususnya, Anda bisa mengatasi gejala Flu Singapura yang muncul. Dilansir Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), berikut ulasan selengkapnya:

1. Minum obat penurun panas

Salah satu gejala paling umum pada penderita Flu Singapura adalah demam. Jika gejala ini muncul, pemberian obat penurun panas bisa menjadi solusinya.

2. Jangan beri aspirin

CDC memperingatkan untuk tidak memberikan aspirin pada pasien Flu Singapura. Aspirin dipercaya malah dapat memperburuk kondisi kesehatan pasien Flu Singapura.

3. Pastikan minum air secara cukup

Saat ruam muncul, khususnya di mulut, membuat kondisi mulut tidak nyaman. Karena itu, pastikan pasien mendapat asupan air putih yang cukup. Ini juga bermanfaat untuk meringankan rasa sakit di mulut.

4. Beri pasien camilan dingin

Menurut laman WebMD, rasa tidak enak pada tenggorokan pasien Flu Singapura amatlah menganggu. Ini bahkan bisa membuat pasien tidak mau buka mulut untuk minum apalagi makan. Sakit tenggorokan bisa diakali dengan memberikan pasien yogurt atau smoothie yang segar nan dingin.

5. Jangan beri pasien minuman atau makanan yang asam

Mengonsumsi jus buah yang rasanya asam atau soda malah akan membuat tenggorokan semakin tidak enak. Bahkan bisa mengiritasi tenggorokan hingga sebabkan luka.

6. Pakai lotion antigatal

Ruam pada kulit menyebabkan kulit kering dan terasa gatal. Solusi dari masalah ini adalah dengan membuat pasien rutin mengoleskan lotion antigatal. Lotion yang gentel dan tak berbau sangat direkomendasikan agar pH kulit tetap seimbang sehingga kulit terhindar dari masalah kering yang parah dan memperburuk ruam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini