Share

Mau Makan Gorengan Lebih Sehat, Coba Tips Ini!

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 298 2601415 mau-makan-gorengan-lebih-sehat-coba-tips-ini-b18ltlh2Nh.jpg Makan gorengan (Foto: Inst maidoeat)

GORENGAN masih menjadi makanan kesukaan masyarakat. Sebab selain mudah ditemukan, rasanya juga lezat dan gurih.

Tetapi, gorengan seringkali dilabeli sebagai makanan yang tidak sehat, terutama bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Ini karena gorengan kandungan lemak trans (trans fat) yang tinggi.

Di mana lemak ini berasal dari minyak yang dikandung oleh makanan yang digoreng. Tanpa disadari, kadar kolesterol di dalam tubuh kitapun dapat terganggu.

Karenanya, jika Anda sedang berada dalam program diet dan supaya tubuh Anda tetap sehat saat mengonsumsi gorengan, berikut adalah beberapa tipsnya.

 gorengan

1. Buat gorengan sendiri

Makanan yang dibuat sendiri lebih terjamin kualitasnya. Karena Anda tahu seperti apa kualitas bahan-bahan makanan yang Anda gunakan, serta kebersihan pada saat membuatnya.

Karena biasanya, gorengan yang dijual di pinggir jalan seringkali menggunakan minyak bekas yang sudah menghitam. Bisa dibayangkan kan berapa kandungan lemak jahat pada minyak tersebut?

2. Perhatikan porsinya

Makan gorengan satu buah tidak serta-merta merusak program diet Anda dan langsung membuat berat badan Anda naik 5kg. Karenanya, perhatikan jumlah asupan saat Anda makan gorengan.

Kepingin sih boleh, tetapi jangan sampai kalap juga ya! Juga, ada baiknya jangan setiap hari Anda mengonsumsi gorengan, walaupun hanya 1 atau 2 buah.

3. Kombinasikan gorengan dengan sayuran

Jika Anda saat ingin makan gorengan di tengah makan siang atau malam, ada baiknya diimbangi juga dengan sayuran agar kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi.

Anda bisa mengonsumsi sayuran yang direbus, ditumis, atau lalapan. Paling tidak, itu bisa membantu menetralisir lemak jenuh yang Anda di tubuh Anda saat makan gorengan.

 BACA JUGA:Mantan Penjual Gorengan Ubah Sampah Plastik dan Minyak Goreng Jadi Energi Terbarukan

4. Perbanyak konsumsi air putih

Makan gorengan saat diet tidak dilarang asal masih dalam porsi yang wajar alias tidak berlebihan dan tidak sering. Penting juga untuk minum air putih setelah makan gorengan ini ya, agar minyak yang menempel di tenggorokan dan di organ dalam tubuh lainnya bisa diusir.

Sebaiknya, tetap minum air putih daripada memilih minum air jenis lain sebab air putih tidak memiliki bahan kimia di dalamnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini