Share

Sadar Diri! Sepulang Jalan-Jalan dari Tempat Ramai Segera Tes Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 481 2601100 sadar-diri-sepulang-jalan-jalan-dari-tempat-ramai-segera-tes-covid-19-moFE0WlXDM.jpeg Tes Covid-19 usai dari tempat ramai (Foto: Medicaldaily)

TES Covid-19 memang sudah bukan lagi aturan yang terikat jika Anda mau bepergian di dalam maupun ke luar negeri. Meski begitu, tes Covid-19 tetap penting jika Anda bergejala ataupun pasca mengunjungi lokasi ramai.

"Penting untuk masyarakat punya kesadaran tinggi mau dites pasca mengunjungi lokasi keramaian, setelah bepergian jarak jauh, serta apabila bergejala," ungkap Prof Wiku dalam konferensi pers virtual, Jumat (27/5/2022).

Kesadaran Masyarakat

Mengingat, saat ini banyak momen libur panjang ataupun tanggal merah yang tentunya akan dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur ke lokasi wisata. Karena masih ada potensi terinfeksi, penting bagi masyarakat untuk mau dites sepulangnya dari lokasi yang ramai.

BACA JUGA : Indonesia Masa Transisi ke Endemi, Batuk dan Pilek Tetap Tes Covid-19!

Tak hanya itu, Prof Wiku pun tak henti-hentinya untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat. Kebiasaan ini, katanya, bukan hanya mencegah Covid-19 tapi juga penyakit lain.

"Terbiasa hidup bersih dan sehat bukan hanya menghindarkan Anda dari Covid-19, tapi juga penyakit yang sudah ada sebelumnya maupun penyakit yang belakangan ini merebak," ungkapnya.

BACA JUGA : Kontak Erat dengan Orang Positif Covid-19, Kemenkes: Jangan Takut untuk Testing

Dalam kesempatan tersebut, Prof Wiku menjelaskan bahwa hingga saat ini angka testing Covid-19 Indonesia masih di atas standar Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Pada Mei 2022 misalnya, di minggu ketiga angka testing Covid-19 mingguan ada di 690 ribu. Lalu, di minggu keempat Mei 2022, meski terjadi penurunan, tapi masih di angka 550 ribu testing per minggu.

"Jumlah orang yang dites angkanya fluktuatif, tapi masih melebihi target WHO," terang Prof Wiku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini