Share

Benarkah Cacar Monyet Bisa Menular Melalui Hubungan Seks? Begini Pernyataan WHO

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 481 2601278 benarkah-cacar-monyet-bisa-menular-melalui-hubungan-seks-begini-pernyataan-who-ajxqNz4gIo.jpeg Benarkah cacar monyet bisa menular melalui hubungan seks (Foto: CNBC)

BENARKAH cacar monyet bisa menular melalui hubungan seks? Simak penjelasannya dalam artikel ini. 

Cacar monyet adalah penyakit yang ditularkan oleh virus melalui cairan yang keluar dari lesi di kulit. Tak hanya itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa cacar monyet menyebar lewat hubungan seksual.

"Virus cacar monyet yang kini mewabah di Amerika Utara dan Eropa menyebar melalui hubungan seksual. Kasus terjadi pada 200 pria," kata pejabat WHO seperti dilaporkan CNBC, Jumat (27/5/2022).

Benarkah Cacar Monyet Bisa Menular Melalui Hubungan Seks?

(Benarkah Cacar Monyet Bisa Menular Melalui Hubungan Seks?, Foto: CNBC)

Perlu diketahui, cacar monyet bukan infeksi menular seksual yang umumnya menyebar lewat air mani atau cairan Miss V. Tapi, pada kasus di Eropa cacar monyet banyak menyerang pria gay dan biseksual.

"Banyak penyakit dapat menyebar melalui kontak seksual. Anda bisa terkena batuk atau pilek karena kontak seksual, tapi itu tidak berarti penyakit tersebut adalah penyakit menular seksual," tegas Andy Seale, penasihat WHO terkait HIV, Hepatitis, dan penyakit lainnya.

BACA JUGA : Indonesia Belum Ada Kasus Cacar Monyet, IDI Minta Tetap Waspada: Semua Rentan

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menjelaskan, virus cacar monyet masuk ke tubuh lewat droplet ataupun kontak langsung pada kulit yang 'rusak'.

BACA JUGA : Peneliti Sebut Obat Antivirus Tecovirimat Persingkat Gejala Cacar Monyet

Menariknya, virus cacar monyet bisa bertahan di benda cukup lama. Artinya, penyebaran lewat sentuhan tangan ke benda yang terkontaminasi sangat mungkin terjadi. Itu kenapa, bila seranjang dengan pasien cacar monyet, Anda bisa tertular penyakit itu.

Di sisi lain, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memperingatkan kelompok gay dan biseksual agar lebih berhati-hati, karena dianggap paling rentan terinfeksi virus cacar monyet. Meski, virus bisa menginfeksi semua kelompok manusia.

"Kesadaran akan hal ini membuat individu mengambil keputusan berdasarkan kondisi kesehatan pribadi dan kesehatan komunitas mereka," papar Ahli Epidemiologi CDC dr John Brooks, dikutip dari Fox News.

Cacar monyet, kata dr Brooks, bukan infeksi menular seksual, tapi terbukti dapat menyebar melalui hubungan seksual melalui kontak dekat dengan pasien.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini