Share

2 Obat Cacar Monyet Tecovirimat dan Brincidofovir, IDI: Belum Ada Izin

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 481 2601335 2-obat-cacar-monyet-tecovirimat-dan-brincidofovir-idi-belum-ada-izin-LnSn8BcUJI.jpg Obat cacar monyet (Foto: CTV)

OBAT antivirus bernama Tecovirimat atau TPOXX dan Brincidofovir dinilai ampuh mengobati cacar monyet. Prof, Dr. Zubairi Djoerban, SpPD KHOM, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan, namun kedua obat tersebut belum mendapatkan izin untuk itu.

Prof Zubairi menjelaskan, jika pengobatan untuk cacar monyet, hingga saat ini belum bisa dipastikan. Kedua obat tersebut, justru sudah mendapatkan izin, untuk pengobatan cacar manusia yang mengeluarkan nanah (smallpox).

 cacar monyet

Cacar tersebut, penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus variola. "Ada yang dapat izin untuk variola, cacar manusia," ujar Prof Zubairi.

 BACA JUGA:Jumlah Kasus Terus Bertambah, Negara Ini Beli Vaksin Cacar Monyet

"Masih uji klinik, belum ada izin edar," jelasnya.

Mengapa Muncul Pengobatan Tecovirimat dan Brincidofovir?

Melansir dari Sky News, para peneliti di Inggris mengatakan adanya hasil penelitian yang mengamati tujuh kasus cacar monyet di Inggris antara 2018 dan 2021. Studi diterbitkan dalam The Lancet Infectious Diseases mengidentifikasi bahwa meskipun terbatas, penularan di Inggris telah terjadi di rumah tangga dan pengaturan perawatan kesehatan.

Mereka juga mengamati tanggapan pasien terhadap dua obat antivirus berbeda, yang dikembangkan untuk mengobati cacar yaitu brincidofovir dan tecovirimat.

Hasilnya, obat Tecovirimat dapat mempersingkat durasi gejala cacar monyet dan mengurangi lamanya waktu pasien menularkan. Para peneliti menjelaskan obat itu akan diberikan berdasarkan kasus per kasus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini