Share

Tahapan Proses Kematian Manusia, dari Bulan, Minggu, Hari hingga Jam

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 481 2601394 tahapan-proses-kematian-manusia-dari-bulan-minggu-hari-hingga-jam-iVSt2djPT8.jpg Tahapan proses kematian manusia dari bulan, minggu, hari hingga jam (Foto: Healthline)

TAHAPAN proses kematian manusia, dari bulan, minggu, hari hingga jam akan dibahas tuntas dalam artikel ini. Simak penjelasan lengkapnya!

Seseorang yang mau meninggal dipercaya memberi 'kode' baik itu lewat kesehatan tubuhnya yang terus menurun, atau juga tanda lain yang berkaitan dengan kematian.

Pada beberapa kasus, banyak juga cerita di masyarakat bahwa kematian bisa terbaca dari ungkapan seseorang yang mengarah ke satu tujuan, yaitu 'pulang'. Ini menandakan bahwa tahapan kematian manusia amat bervariasi.

Tapi, secara umum ada tahapan kematian manusia yang bisa dipelajari dan dipahami betul bagi kita yang masih hidup. Laman Omni Care Hospice bahkan memberitahu bahwa 'kode' akan kematian bisa terbaca sejak seminggu sebelum seseorang sekarat dan meninggal.

So, bagaimana tahapan kematian manusia itu? Apa saja tanda yang perlu kita perhatikan? Dilansir MNC Portal pada Jumat, (27/5/2022), berikut ulasan selengkapnya:

Seminggu sebelum kematian

Tahapan Proses Kematian Manusia, dari Bulan, Minggu, Hari hingga Jam

(Tahapan Proses Kematian Manusia, dari Bulan, Minggu, Hari, hingga Jam Foto: Healthline)

Beberapa minggu sebelum kematian, orang yang Anda cintai mungkin menunjukkan perubahan perilaku yang berkaitan dengan pola tidur, kebiasaan makan, dan kemampuan bersosialisasi yang melemah.

"Dia mungkin mulai tidur lebih sering dan lebih lama dari biasanya. Lalu, mulai menolak makanan yang susah dimakan sampai menolak semua makanan padat," terang laman tersebut.

Kode seminggu sebelum berpulang ke Tuhan lainnya adalah seseorang menarik diri dari lingkungan, kurang aktif, dan kurang komunikatif. Dia mungkin lebih senang untuk menyendiri untuk introspeksi.

Perubahan fisik pun biasanya terjadi dan dikenali lewat gejala-gejala berikut ini:

1. Kelelahan kronis

2. Gampang terinfeksi

3. Kulit rapuh dan mudah rusak

4. Penurunan berat badan yang berkepanjangan dan tidak dapat dijelaskan

5. Susah menelan

6. Mual yang tak bisa diobati

7. Pembengkakan perut seperti edema atau asites

BACA JUGA : 11 Tanda-Tanda Kematian Menurut Medis yang Jarang Disadari

BACA JUGA : 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Beberapa hari sebelum kematian

Pada hari-hari menjelang kematian, perubahan fisiologis lebih banyak terjadi. Ini ditandai dengan sistem paru-paru tidak bekerja dengan baik dan akan menyebabkan sesak napas.

Halusinasi adalah tanda lain yang muncul di hari-hari jelang kematian. Halusinasi ini bisa berupa bicara sendiri atau bahkan menyebut nama-nama orang yang sudah meninggal sebelumnya dan mengajak nama itu bicara.

Pada gejala fisik, tanda yang muncul sehari jelang kematian adalah:

1. Penurunan tekanan darah

2. Suku tubuh gampang berubah

3. Kulit berubah warna atau jadi bernoda

4. Pola tidur yang berantakan

5. Lebih jarang pipis

6. Lebih jarang buang air besar

7. Nafsu makan dan asupan cairan berkurang

24 jam sebelum kematian

Tahapan Proses Kematian Manusia, dari Bulan, Minggu, Hari hingga Jam

(Tahapan Proses Kematian Manusia, dari Bulan, Minggu, Hari, hingga Jam Foto: Healthline)

Di momen ini, orang yang akan meninggal biasanya menghabiskan waktu lebih banyak untuk tidur. Sebab, ketika melek mereka mengalami kesulitan dalam berinteraksi akibat indera di tubuhnya mengalami kegagalan saat bekerja.

Mata mulai susah melihat, mulut semakin terasa tidak nyaman, dan menghirup udara semakin susah. Tapi, pendengaran diketahui masih bekerja cukup baik.

Karena itu, ketika seseorang yang Anda cintai sudah lebih banyak tidur, bicaralah langsung ke telinga orang tersebut. Ini adalah upaya yang bisa Anda lakukan sebelum kematiannya datang.

Perubahan fisik yang terjadi pada 24 jam sebelum kematian meliputi:

1. Energi melemah

2. Kulit semakin berbintik-bintik, terutama di tangan, kaki, dan lutut

3. Tekanan darah semakin menurun

4. Susah menelan

5. Urin semakin sedikit

6. Gelisah meningkat, karena oksigen yang susah dihirup

7. Sesak napas

Beberapa jam sebelum kematian

Pada jam-jam terakhir kehidupan, tubuh seseorang akan mati. Sistem peredaran darah dan paru-paru perlahan gagal. Ini menyebabkan penurunan suhu tubuh, tapi bisa jadi malah suhu tubuh sangat panas.

Kemampuan untuk melihat semakin lemah dan mungkin akan semakin sulit merespons Anda. Pendengaran masih bekerja, sehingga sekali lagi ajak bicara langsung di telinga orang yang Anda sayangi.

Perubahan fisik yang terjadi beberapa jam sebelum kematian adalah:

1. Mata berkaca-kaca dan setengah terbuka

 2. Tangan dingin

3. Denyut nadi lemah

4. Halusinasi meningkat

5. Tidur dan tak bisa dibangunkan

6. Pernapasan terganggu dan mungkin berhenti total

Sampai akhirnya, ajal pun datang. Orang yang Anda cintai meninggal dunia. Ini ditandai dengan napas sangat cepat, lalu melambat perlahan. Kemudian mata atau mulut terbuka, dan tak bisa dibangunkan lagi.

So, itu dia tahapan kematian manusia dari beberapa minggu hingga detik-detik terakhir kehidupan. Semoga ini jadi informasi yang bermanfaat untuk kita agar bisa mendampingi orang terkasih hingga kematiannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini