Share

Berapa Lama Cacar Air Sembuh Pada Anak-Anak?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 28 481 2601575 berapa-lama-cacar-air-sembuh-pada-anak-anak-HilHIC2YRJ.jpg Ilustrasi Cacar Air. (Foto: Shutterstock)

BERAPA lama cacar air sembuh tergantung dari masa inkubasinya. Cacar air biasanya sembuh dalam 5 hingga 10 hari. Tetapi jika Anda memiliki ruam gatal yang disebabkan oleh virus, itu bisa terasa sangat lama.

Berapa lama cacar air juga tergantung dari penangannya atau langkah awal pengobatan. Seperti contoh gunakan Acetaminophen (Tylenol) untuk Nyeri dan Demam yang merupakan gejala awal cacar air,

Jika Anda atau anak Anda mengalami demam tinggi atau sakit yang disebabkan oleh cacar air, ambillah Tylenol. Bahkan dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan luka yang berkembang di kulit atau di mulut Anda. Ini aman untuk kebanyakan orang, termasuk wanita hamil dan anak-anak di atas 2 bulan.

Hindari obat pereda nyeri anti inflamasi, seperti ibuprofen. Jika Anda menderita cacar air, itu bisa membuat Anda sangat sakit. Jangan pernah memberikan aspirin kepada anak di bawah usia 16 tahun. Ini dapat menyebabkan komplikasi serius yang disebut sindrom Reye.

Cacar Air

Agar berapa lama cacar air bisa sempuh dengan cepat untuk tidak menggaruk ruam Anda dapat membuat Anda berisiko terkena infeksi kulit bakteri. Itu juga bisa menyebabkan jaringan parut.

Selain itu, minum banyak cairan untuk membantu tubuh Anda membersihkan diri dari virus lebih cepat. Ini juga akan mencegah Anda dari dehidrasi. Pilih air daripada minuman manis atau soda, terutama jika Anda atau anak Anda menderita cacar air di mulutnya. Es loli bebas gula juga merupakan pilihan yang baik. Hindari makanan keras, pedas, atau asin yang dapat membuat mulut Anda sakit.

Jika Anda pernah terpapar dengan seseorang yang menderita cacar air tetapi belum memiliki gejala, dokter Anda mungkin akan memberi Anda suntikan perawatan yang disebut imunoglobulin. Ini dapat membantu mencegah parah.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini