Share

5 Penyebab Cantengan, Bisa Terjadi karena Stres Loh

Rina Anggraeni, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 28 481 2601670 5-penyebab-cantengan-bisa-terjadi-karena-stres-loh-95YyuiJaZq.jpg Ilustrasi Cantengan. (Foto: Freepik)

BEBERAPA penyebab cantengan mungkin terjadi tanpa disadari oleh seseorang. Istilah cantengan tentu sudah tidak asing lagi, masalah kuku yang sering menyebabkan peradangan dan luka di jari kaki sering tidak dapat dihindari karena berbagai alasan.

Catengan atau keadaan di mana kuku tumbuh ke dalam adalah tentu akan membuat ketidaknyamanan. Berikut penyebab cantengan yang sering terjadi tanpa disadari yang dikutip dari Dailymail:

1. Sepatu ketat

Menggunakan sepatu yang terlalu sempit atau penggunaan sepatu balet atau sepatu bola bisa menekan ujung kuku. Keadaan tersebut bisa menyebabkan kuku melengkung ke dalam dan menusuk kulit jari sehingga cantengan terjadi.

Cantengan

2. Salah memotong kuku

Memotong kuku yang tidak tepat, seperti pemotongan yang tidak rapi sehingga meninggalkan tepi kuku yang tidak rata, akan melukai daging di bawahnya.

3. Genetik

Beberapa orang memiliki kuku yang sangat lebar dan bulat. Bentuk kuku ini bisa membuatnya lebih mungkin untuk mengalami cantengan.

4. Stres

Stres juga dapat membuat Anda rentan cantengan. Ini karena stres dapat mempercepat pertumbuhan kuku. Bila Anda stres dan memiliki bentuk kuku yang disebutkan di atas, cantengan akan mudah didapat.

5. Hormon

kuku tumbuh ke dalam sering terjadi pada anak-anak, remaja, dan wanita hamil. Mengapa? Karena kenaikan hormon juga bisa menyebabkan lonjakan pertumbuhan kuku, yang bila tumbuh panjang bisa membuatnya menusuk daging sensitif di sekitar mereka.

Selain itu, cantengan ditandai dengan munculnya nyeri, bengkak, dan kemerahan pada jari, khususnya di samping kuku. Beberapa gejala atau keluhan yang dapat muncul akibat cantengan adalah:

Kuku yang mengalami cantengan terasa nyeri saat disentuh atau mendapat tekanan, seperti saat memakai sepatu. Kulit di sekitar kuku yang mengalami cantengan membengkak, memerah, dan mengeras serta terdapat penumpukan cairan di sekitar kuku yang mengalami cantengan

Jika cantengan disertai dengan infeksi, penderitanya mungkin akan mengalami keluarnya nanah atau darah dari kulit dekat kuku, demam, tidak enak badan, atau meriang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini