Share

Masker Sudah Boleh Dilepas, Vaksin Booster Masih Perlu?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2022 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 28 481 2601834 masker-sudah-boleh-dilepas-vaksin-booster-masih-perlu-9OLo1ozW2o.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH memang sudah mengizinkan masyarakat untuk tidak menggunakan masker di beberapa kesempatan. Meski demikian, bukan berarti Indonesia sudah keluar dari Pandemi Covid-19.

Memang, saat ini kondisi Covid-19 telah jauh lebih baik, dengan angka konfirmasi kasus harian pun menunjukkan penurunan. Inilah yang menjadi pertimbangan pembatasan sudah mulai dilonggarkan. Event besar yang melibatkan banyak orang pun telah banyak digelar.

Meski pelonggaran sudah terjadi, Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman menyarankan kepada pemerintah untuk terus memperluas cakupan vaksinasi dosis ketiga atau booster. Artinya, harus semakin banyak orang yang disuntik booster. Apa alasannya?

"Vaksin booster atau dosis ketiga itu terbukti efektif terutama di era Omicron sepertj sekarang. Di beberapa negara, definisi vaksin dosis lengkap itu adalah 3 dosis, karena pemberian booster terbukti menurunkan kesakitan akibat Covid-19," terang Dicky pada MNC Portal, Sabtu (29/5/2022).

Bahkan, sambung Dicky, sebagian negara sudah mengarah ke pemberian dosis keempat dengan harapan semakin baik lagi pertahanan masyarakatnya. "Dosis kedua itu alami penurunan kekuatan, itu kenapa booster bahkan dosis keempat diberikan di sejumlah negara," tambah Dicky.

Menurut Dicky, setelah pemberian booster vaksin Covid-19, kekuatan proteksi bertambah dan tidak menurun setelah 4 bulan. "Kecenderungannya, antibodi malah bertambah," ujar Dicky.

Dengan begitu, sekalipun situasi Covid-19 di satu negara melandai, Dicky menegaskan, peranan booster tetap penting. Ini berlaku juga untuk Indonesia.

"Memang, kasusnya melandai tapi cakupan vaksin booster Indonesia masih di bawah 50%. Banyak lansia yang belum menerima dosis ketiga dan ini mengartikan Indonesia belum cukup aman, khususnya dalam melindungi kelompok rentan. Itu kenapa vaksin booster masih harus digalakkan untuk diberikan ke masyarakat," tambah Dicky.

Dicky menuturkan bahwa meskipun pemerintah Indonesia sudah melakukan pelonggaran atas pemakaian masker di ruang terbuka, lebih baik bila masker terus digunakan karena dapat mengurangi potensi seseorang terpapar suatu penyakit yang menular melalui udara seperti Covid-19.

Walaupun kondisi pandemi di Indonesia sudah dapat dikatakan terkendali dan kasus mengalami pelandaian, status vaksinasi yang saat ini dicapai bukanlah kunci satu-satunya untuk mengakhiri sebuah pandemi.

Tingginya cakupan vaksinasi, harus tetap diimbangi dengan kombinasi protokol kesehatan lainnya seperti penggunaan masker tepat di area hidung, rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, menjaga jarak dan tak lupa untuk menerapkan pola hidup bersih di manapun

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini