Share

Tips Jadi Make Up Artist, Profesi yang Kini Jadi Incaran Milenial

Intan Afika, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2022 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 28 612 2601855 tips-jadi-make-up-artist-profesi-yang-kini-jadi-incaran-milenial-IhT2O0Z0jd.png Rani Ana. (Foto: Youtube)

BELAKANGAN industri make up artist juga mulai beragam, dari make up wedding dengan berbagai adat dan budaya Indonesia hingga dalam setiap acara, seperti wisuda. Dengan pangsa pasar yang demikian besar, profesi ini bisa menjadi andalan penghasilan bagi siapapun, termasuk generasi milenial.

Tidak heran jika banyak karyawan atau lulusan akademisi yang akhirnya lebih memilih berkarir sebagai Make Up Artist. Profesi yang dulunya sangat identik dengan perias salon ini sudah banyak berkembang di masyarakat. Profesi ini pun bisa menjadi penghasilan tambahan, seperti yang dilakukan oleh Rani Ana.

Wanita yang menjadi Make Up Artist sejak 2014 ini mengatakan, jasa penata rias sudah banyak beredar di Indonesia dan begitu menjanjikan. Saking menjanjikannya, makin hari peluangnya semakin bertambah.

"Sangat sangat sangat menjanjikan. Yang penting, pertama jangan money oriented dulu," kata Rani Ana dalam Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia, Sabtu (28/5/2022).

MUA

Rani sendiri mulanya hanya melayani pelajar SMA yang membutuhkan jasanya di sebuah acara. Dari situ, dia justru ketagihan merias wajah seseorang. Di sisi lain, Rani juga merasa jasanya ini memiliki peluang besar untuk dijadikan bisnis.

Akhirnya, Rani pun mengambil kelas make up untuk mengasah bakatnya. Selain itu, dia juga mengambil kursus khusus untuk mendapat sertifikasi sebagai MUA profesional. Tak main-main, kini Rani telah dipercaya mendandani artis hingga keluarga pejabat secara turun-temurun.

Lebih lanjut, Rani mengatakan, bagi milenial yang ingin menjalani profesi ini harus rajin belajar dan mengasah kemampuan setiap saat. Jika tidak, pasti akan tertinggal jauh dengan MUA lainnya. "Sering-sering latihan. Terus, ikut kursus, ambil sertifikat, dan ikut kelas-kelas lain," ucapnya.

Selain dibutuhkan niat dan tekad yang kuat, diperlukan juga ketekunan untuk melahirkan karya seni yang indah. Tak melulu belajar soal makeup, cara mengambil gambar, menata pencahayaan, hingga mengedit video pun perlu dipelajari.

Itu karena industri kreatif sekarang mulai merambah ke dunia digital lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok hingga YouTube. Oleh karenanya, keterampilan dalam mengedit pun harus dimiliki untuk mendapat kepercayaan khalayak luas.

"Build connection. Paling penting, banyak mau belajar. Belajar gak cuma make up doang ya. Belajar foto, lighting, edit transisi, belajar handle client, branding, networking, itu juga perlu," kata Rani.

Tapi yang paling penting bagi pemula, kata Rani, jangan memikirkan keuntungan terlebih dahulu jika ingin menjadi Make Up Artist. Fokus untuk memperdalam dan memperbanyak ilmu. Dengan begitu, klien pun pasti akan datang dengan sendirinya.

"Banyakin belajar, sharing apa yang kamu punya, personal brandingnya dikencengin, nanti uangnya akan datang sendiri," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini