Share

RI Transisi Menuju Endemi, Dokter Reisa: Pemerintah Telah Siapkan 4 Strategi

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 29 Mei 2022 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 29 481 2601990 ri-transisi-menuju-endemi-dokter-reisa-pemerintah-telah-siapkan-4-strategi-YRfGbus5Nq.jpg Dokter Reisa (Foto : YouTube/RRI NET OFFICIAL)

STATUS Indonesia saat ini masih dalam proses transisi menuju endemi dari pandemi Covid-19. Terkait hal ini, pemerintah memiliki 4 strategi mempersiapkan memasuki fase endemi.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro. "Pemerintah telah mempersiapkan 4 strategi untuk memasuki fase baru," kata dr Reisa dalam siaran sehat di YouTube RRI Net Official, dikutip Minggu (29/5/2022).

Dokter Reisa

Dalam penjelasannya, langkah pertama yaitu hidup berdampingan dengan Covid-19. Bukan adanya kebebasan tanpa aturan, justru dalam strategi awal ini jadi perubahan berproses.

Aktivitas masyarakat dibatasi secara bertahap, guna mendorong terbentuknya hidup perilaku sehat. "pertama hidup berdampingan dengam covid 19, yakni dengan mengurangi pembatasan aktivitas secara bertahap. Lalu mendorong terbentuknya perilaku hidup sehat dan aman," katanya.

BACA JUGA : Masker Sudah Boleh Dilepas, Vaksin Booster Masih Perlu?

Strategi kedua, pemerintah fokus untuk melindungi masyarakat yang berisiko terinfeksi. Dengan mengoptimalkan vaksinasi Covid-19 buat seluruh masyarakat.

BACA JUGA : Cuma WHO yang Berhak Ubah Status dari Pandemi ke Endemi

Dalam tahap ketiga, pemerintah siap menghadapi kondisi darurat. Bila terjadi kelonjakan yang signifikan, seperti kejadian sebelumnya.

"Cara menggencarkan vaksinasi sesuai prioritas kelompok yang rentan. Kemudian menyusun strategi testimoni lebih spesifik," tambah dr Reisa

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini