Share

Aglaonema, Tanaman Hias si 'Sri Rezeki' yang Kian Digemari Selama Pandemi

Siska Permata Sari, Jurnalis · Minggu 29 Mei 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 29 612 2602120 aglaonema-tanaman-hias-si-sri-rezeki-yang-kian-digemari-selama-pandemi-aqorG0iOLn.jpg Tanaman hias Aglaonema banjir peminat (Foto: Siska/MPI)

PANDEMI Covid-19 mengubah banyak hal dan memberikan dampak kepada banyak sektor bisnis serta industri. Termasuk bisnis tanaman hias, khususnya aglaonema.

Aglaonema sendiri merupakan salah satu tanaman hias yang populer di Indonesia. Bisnis tanaman yang dijuluki ‘Sri Rezeki’ ini justru mengalami peningkatan.

Santi Helmy Faisal

Hal itu diungkapkan anggota Asosiasi Aglaonema Nusantara (ASA) sekaligus Ketua Pelaksana Kontes Nasional Aglaonema Nusantara Santi Helmy Faishal. “Di masa pandemi, pasar aglaonema tidak hanya stabil, tapi semakin meningkat,” ujarnya saat ditemui MNC Portal di Smesco, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (29/5/2022).

Menurut Santi, sebagai pencinta tanaman hias aglaonema, hal tersebut juga berdampak positif terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi. Oleh karena itu, ASA bersama The Nirwana Sky Garden menggelar Kontes Nasional Aglaonema Nusantara untuk pertama kalinya.

BACA JUGA : 5 Pohon yang Bisa Dirawat dalam Ruangan, Rumah Jadi Segar

Kontes Tanaman Hias

Dengan itu, dia berharap dapat meningkatkan lagi semangat bagi para petani dan pencinta tanaman hias aglaonema di Indonesia. Hal ini, diharapkan ke depannya bisa meningkatkan produktivitas dan inovasi para petani dan pencinta aglaonema, sehingga produk aglaonema di Indonesia bisa lebih bersaing dengan luar negeri.

BACA JUGA : 4 Bunga yang Cocok Hiasi Ruangan, Harum dan Cantik

Mengingat, Indonesia sendiri masih mengimpor ratusan ribu tanaman aglaonema dari Thailand. “Harapan kita pasar impor ini bisa pelan-pelan mengurangi bahkan stop. Karena pasar yang punya kita. Satu bulan kita masih impor 600 ribu dari Thailand. Kita berharap ini lama-lama bisa berkurang dan menjadi dari kita untuk kita,” ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang turut mendukung potensi besar tanaman aglaonema di Tanah Air. Menurut Anies, ini dapat menggerakkan perekonomian juga. 

Anies Baswedan

“Ini adalah potensi untuk meningkatkan seluruh ekosistemnya, baik yang berperan sebagai petani di hulu maupun yang berperan di antaranya dan yang paling ujung. Jadi seluruh mata rantai punya potensi menggerakkan perekonomian,” ujarnya dalam sambutan di Kontes Nasional Aglaonema Nusantara.

“Kami berharap ekosistem aglaonema ini nantinya bisa tumbuh berkembang. Kami di Jakarta siap mendukung dan saya yakin pasar di Jakarta mungkin merupakan salah satu pasar terbesar aglaonema di Indonesia. Kenapa? Karena Jakarta punya daya beli yang cukup tinggi,” kata Anies.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini