Share

Mengenal Dekubitus, Penyakit yang Dialami Rima Melati

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2022 20:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 481 2603490 mengenal-dekubitus-penyakit-yang-dialami-rima-melati-M1BtIVjWyw.jpg Rima Melati alami dekubitus (Foto: ist)

ARTIS senior Rima Melati dilarikan ke rumah sakit akibat karena mengalami dekubitus. Bahkan sejumlah sahabatnya mengungkapkan kondisi terkini sang artis yang sedang dirawat saat ini.

“Sampai sekarang masih di ICU sudah seminggu. Itu karena dekubitus yang luka karena posisi tidur terlalu lama. Akhirnya itu yang bikin kemana-mana,” ucap Widyawati dikutip dari kanal Youtube STARPRO Indonesia.

 Rima Melati

Lalu apa sih dekubitus?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Alvin Aditya S, Sp.PD menjelaskan mengenai kondisi dekubitus.

Nah, dekubitus adalah luka akibat tekanan (ulkus dekubitus), ini merupakan luka pada kulit dan jaringan di bawahnya yang biasanya terjadi pada tonjolan tulang. Kondisi ini muncul akibat adanya gaya gesek, peregangan kulit dan tekanan.

Adapun tempat-tempat yang beresiko mengalami dekubitus adalah kulit yang melapisi bokong, tulang ekor, tumit ataupun pinggang.

Sedangkan tempat lain seperti siku, lutut, sendi pergelangan kaki dan bagian belakang bahu juga rentan terkena dekubitus.

Dokter Alvin mengatakan bahwa luka tekanan terjadi karena adanya penekanan jaringan lunak yang mengakibatkan terjadinya sumbatan pembuluh darah dibawah kulit. Pembuluh darah tersebut bisa total tersumbat atau sebagian saja.

 BACA JUGA:Rima Melati Masuk ICU, Begini Kondisinya

Gaya gesek dan peregangan kulit juga bisa membuat luka dengan menarik pembuluh darah yang mendarahi kulit, sehingga kulit tak mendapat nutrisi cukup. Luka tekanan terjadi pada orang yang cenderung tiduran atau tak bergerak dalam waktu lama.

Orang yang berisiko mengalami dekubitus?

Lebih lanjut, dr. Alvin mengatakan ada setidaknya tiga kondisi orang yang kemungkinan besar mengalami dekubitus.

1. Orang yang kekurangan energi dan protein, keadaan yang lembab, penyakit yang membuat aliran darah ke kulit berkurang.

2. Pasien yang tak cukup minum sehingga kulit kering

3. Kondisi medis seperti diabetes yang menyebabkan gangguan aliran darah ke kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini