Share

Sensasi Gurih dan Legit Makan Lemang, Sajian Khas Lebaran di Malaysia

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 298 2603958 sensasi-gurih-dan-legit-makan-lemang-sajian-khas-lebaran-di-malaysia-sGPQcVB6lF.jpg Lemang Sajian Khas Lebaran di Malaysia (Foto: Siska/MPI)

PAHANG - Kalau di Indonesia, Lebaran identik dengan ketupat, opor ayam, sambal kentang, sayur labu, rendang, dan sebagainya. Makanan khas Lebaran ala masyarakat Indonesia ini rupanya berbeda dengan Malaysia. Di Negeri Jiran, masyarakatnya mengonsumsi Lemang di momen Lebaran.

Lemang merupakan makanan khas dari Melayu yang terbuat dari beras ketan. Cara memasaknya pun cukup unik, yakni dengan cara digulung dengan selembar daun pisang, dimasukkan ke dalam bambu, dan dibakar sampai matang.

Nah, di Malaysia, Anda tidak perlu menunggu momen Hari Raya untuk menikmati Lemang. Sebab, ada sebuah tempat makan di kawasan Pahang yang menyajikan makanan khas yang satu itu, lengkap dengan lauk-pauk khas Lebaran.

Lemang

Adalah restoran Lemang To’ki yang terletak di Jalan Tras, Bentong, Pahang. Dalam perjalanan ke Malaysia bersama Fam Trip Tourism Malaysia Jakarta dan BMC Travel & Tours, MNC Portal berkesempatan mencoba rasanya Lemang khas Malaysia.

“Lemang ini dibuat dari ketan yang dibumbui dengan santan dan garam, sehingga rasanya gurih,” kata Haryanty Abu Bakar selaku Deputy Director Tourism Malaysia kepada MNC Portal, Rabu (1/6/2022).

Lemang

Setelah diberikan santan dan garam, ketan lalu digulung menggunakan daun pisang dan dimasukkan ke bambu panjang. “Kemudian dimasak tradisional dengan cara dibakar menggunakan arang kayu hingga matang, kurang lebih 1-2 jam,” ujarnya.

Lemang yang sudah matang, lalu dikeluarkan dari bambu dan disajikan dengan aneka lauk. “Lauknya itu pakai rendang daging, rendang ayam, dan abon,” ungkapnya.

Untuk abonnya sendiri, rupa dan rasanya mirip dengan serundeng. Bila Anda suka pedas dan bercita rasa unik, Anda juga bisa menyajikan Lemang dengan sambal hitam yang terbuat dari belimbing sayur.

Lemang

Rasa hidangan lemang cukup gurih dan legit meskipun dinikmati tanpa lauk. Lemang kemudian disiram kuah rendang dan dimakan bersama lauk-pauk lainnya. Anda juga bisa mengonsumsi lemang dengan sajian ayam bakar dan air asam.

Satu batang lemang tanpa lauk sendiri dibanderol dengan harga RM13 - RM16 tergantung ukuran. Tapi bila Anda ingin menikmati seporsi lemang dan lauk pauk berupa rendang ayam, rendang daging, rendang campur, hingga sambal hitam, harganya sekitar RM5,5 hingga RM8.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini