Share

5 Tips Menghindari Luka Razor Burn Saat Mencukur

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2022 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 611 2604524 5-tips-menghindari-luka-razor-burn-saat-mencukur-TtCZVB8psS.JPG Ilustrasi mencukur (Foto: Freepik)

SAAT mencukur bulu-bulu halus di wajah, kaki, ketiak, atau bagian tubuh lainnya, banyak orang pasti pernah mengalami luka paska cukur karena pisau cukur yang dikenal sebagai luka bakar  atau  razor burn.

Jika ini sering Anda alami, bahkan setiap kali rutinitas bercukur. Maka Anda perlu memperhatikan kembali cara atau metode yang digunakan setiap kali Anda bercukur.

Nah agar tidak mengalami luka terus-terusan, ada baiknya Anda simak lima tips dari para ahli di bawah ini tentang bagaimana caranya menghindari luka saat mencukur. Merangkum Bustle, Kamis (2/6/2022) yuk intip ulasannya di bawah ini.

1. Mencukur dengan arah yang tepat: Dokter Jaimie DeRosa, M.D. menyarankan saat bercukur tanpa sabun atau krim cukur, cukur bulu-bulu halus atau rambut di tubuh dengan arah yang berlawanan dengan arah tumbuhnya bulu.

2. Rajin eksfoliasi: Tips satu ini datang dari ahli kecantikan selebriti, Joshua Ross, eksfoliasi yang konsisten adalah kunci untuk mencegah razor burn akibat pisau cukur. “Pastikan untuk tidak melakukan eksfoliasi pada hari yang sama dengan bercukur, karena dapat menyebabkan iritasi dan berpotensi menyebabkan luka bakar,” jelasnya.

BACA JUGA:Tips Mudah Membersihkan Sponge Makeup

BACA JUGA:5 Tips Merawat Kulit Sensitif, Dicoba Yuk!

3. Perhatikan kandungan produk: Cleanser yang dipakai, disarankan Dr. Brendan Camp, M.D. yang mengandung asam salisilat. Kandungan bahan ini membantu mencegah luka bakar akibat pisau cukur loh! "Sebab, bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati di atas pori-pori yang mungkin menghalangi dan menjebak rambut di bawah kulit,” katanya.

4. Lembapkan kulit: Sebelum bercukur, lembapkan kulit terlebih dahulu dengan mengoleskan pelembap. Trik simpel ini akan membantu untuk melembutkan dan menghaluskan bulu-bulu halus di tubuh, sehingga akan lebih muda untuk dicukur.

5. Pilih produk bebas wangi: Untuk kulit sensitif, disarankan memakai gel atau shaving cream tanpa wewangian. Tahukah Anda, wewangian dapat menyebabkan iritasi loh! Disarankan juga gel cukur yang dipakai adalah yang diformulasikan tanpa alkohol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini