Share

Jumlah Kalori Tahu Goreng, Batasi Konsumsinya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2022 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 298 2605172 -xKMy8eqf8B.jpg Kalori Tahu Goreng (Foto: Cookpad)

KALORI tahu goreng dalam artikel ini penting untuk Anda ketahui. Karena tahu goreng merupakan salah satu camilan favorit yang sebaiknya tak dikonsumsi berlebihan. 

Tahu goreng punya banyak variasi, seperti tahu goreng krispi, tahu isi pedas, toge tahu (gehu) hingga yang paling populer adalah tahu Sumedang dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

Rasanya enak, gurih dan bisa menjadi pengganjal rasa lapar Anda. Meskipun terbuat dari bahan dasar kacang kedelai dan memiliki gizi yang cukup, tapi apakah tahu goreng itu sehat? Berapa jumlah kalorinya?

Kalori Tahu Goreng

(Kalori Tahu Goreng, Foto: Cookpad)

Dihimpun dari berbagai sumber, Kandungan kalori pada tahu goreng dengan berat total 28 gram yakni sekitar 77 kalori. Apabila mengonsumsinya secara berlebihan, hingga 100 gram sekali makan, maka kalori yang akan masuk ke tubuh sekitar 270 kalori.

Kalori tahu goreng berasal dari tiga nutrisi makronya, yakni karbohidrat, lemak, dan protein. Karena satu gram lemak menyumbangkan kalori sebesar 9 kalori, maka lemak menjadi nutrisi penyumbang kalori terbesar dari tahu goreng.

BACA JUGA : Cara Mudah Membuat Tahu Goreng Krispi Telur Asin ala Stefani Horison

Sebagai gambaran, tiga potong tahu mentah berukuran kecil yakni setara 100 gram, hanya mengandung 80 kalori. Kalori tersebut berasal dari kandungan protein sebanyak 10,9 gram, lemak 4,7 gram, dan karbohidrat yang tidak sampai 1 gram.

BACA JUGA : Resep Mudah Tahu Goreng Crispy ala Chef Jerry Andrean

Selain itu cara memasak tahu goreng juga sangat berpengaruh lho, yakni menentukan berapa banyak kalori yang bertambah. Jika Anda mengolah bahan makanan ini menjadi tahu goreng, jumlah kalori dan zat gizi per 100 gramnya akan menjadi sebagai berikut;

Energi: 115 kkal

Protein: 9,7 gram

Lemak: 8,5 gram

Karbohidrat: 2,5 gram

Kalori tahu goreng sekilas tampak tidak berbeda jauh dengan tahu mentah. Namun, apabila diperhatikan, Anda akan mengetahui dari mana asal kalori tersebut. Beda dengan tahu mentah, sebagian besar kalori pada tahu yang digoreng justru berasal dari lemak.

Ada beberapa dampak terhadap kondisi tubuh, jika Anda makan tahu goreng terlalu banyak. Di antaranya kenaikan berat badan, meningkatkan risiko obesitas, hingga memicu penyakit kronis.

Selain itu ditambah lagi, jika mengonsumsi tahu goreng yang berlebihan tidak hanya menambah asupan kalori, tapi juga meningkatkan tekanan darah dan kolesterol. Dalam sebuah studi menunjukkan semakin sering seseorang makan gorengan, semakin tinggi risikonya terkena penyakit jantung.

Berhenti mengonsumsi tahu goreng memang sulit dilakukan. Apalagi jika Anda sudah terbiasa menyantap gorengan setiap harinya. Namun ada cara lain, yakni menggorengnya tanpa minyak dengan menggunakan deep frying.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini