Share

Pelajari Dulu 4 Tips Ini Sebelum Belanja Parfum di Online Shop

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 03 Juni 2022 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 03 612 2605101 pelajari-dulu-4-tips-ini-sebelum-belanja-parfum-di-online-shop-E4OwfaUM33.jpg Ilustrasi Memilih Parfum. (Foto: Shutterstock)

MENGGUNAKAN parfume atau minyak wangi memang menjadi salah satu cara untuk membuat diri kita terus terlihat segar. Parfum pun bisa menambah kepercayaan diri seseorang, kala mereka bertemu dengan banyak orang.

Nah, mungkin Anda tengah mencari parfum atau mengganti parfum baru, tapi malas keluar rumah belanja online memang menjadi solusi. Tapi, berbelanja daring, tak ada kesempatan untuk mengendus langsung parfum yang Anda inginkan.

Agar Anda tidak salah memilih, simak empat hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli parfum secara daring, dikutip Antara dari siaran resmi Trixie Perfumery.

 Parfum

Sesuaikan dengan aktivitas

Tidak hanya sekadar wangi, terdapat lima jenis parfum yang bisa Anda pilih berdasarkan ketahanan aromanya. Eau de parfum (EDP) dan Eau de toilette (EDT) merupakan dua dari lima jenis parfum yang paling sering ada di pasaran.

Perbedaan dari keduanya terdapat pada tingkat keharuman dan ketahanannya, di mana EDP menghasilkan wangi yang lebih kuat serta bisa bertahan hingga 8-12 jam, sehingga cocok digunakan di luar ruangan untuk waktu yang lama.

Lain halnya dengan EDT, jenis ini lebih ringan dan hanya bisa bertahan sekitar 5-6 jam sehingga lebih cocok untuk Anda gunakan sehari-hari dengan aktivitas yang ringan.

Bandingkan harga

Sebelum membeli parfum, ada baiknya Anda membandingkan harga dari tiap toko. Biasanya kandungan notes dari suatu parfum tidak akan jauh berbeda. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan parfum dengan kombinasi notes yang sama, namun dengan harga yang jauh lebih murah.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

Cari tahu kombinasi notes dari parfum

Aroma parfum biasanya dihasilkan melalui tiga lapisan yang berisi bahan-bahan yang berbeda, atau biasa disebut notes. Ketiga aroma tersebut akan bereaksi tergantung pada situasi dan aroma tubuh seseorang sehingga memilih kombinasi notes yang tepat sangat diperlukan.

Top notes merupakan aroma yang paling pertama tercium dan menghasilkan aroma paling kuat, namun tidak bertahan lama, misalnya sitrus dan herbs. Aroma akan berganti ke middle notes, wangi yang akan muncul beberapa saat, serta sebagai penyeimbang sebelum berganti ke tahap selanjutnya, seperti fruity, floral, serta aroma kayu manis dan tembakau.

Base notes merupakan aroma yang akan bertahan lebih lama karena memiliki karakter yang lebih kuat dibandingkan top dan middle notes, seperti aroma rempah dan woody.

Cek kualitas parfum

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, periksa kualitas parfum terlebih dahulu sebelum membelinya. Parfum dengan kualitas yang buruk biasanya akan lebih berminyak, memiliki aroma yang tidak bertahan lama, serta menimbulkan reaksi saat terkena kulit.

Agar terhindar dari hal tersebut, Anda bisa memeriksa kualitas parfum dengan datang langsung ke toko atau membaca ulasan dari para pembeli sebelumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini