Share

3 Bahan Rumahan untuk Hilangkan Bekas Gatal Menghitam di Kulit, Gampang Banget Pakainya!

Kevi Laras, Jurnalis · Sabtu 04 Juni 2022 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 04 611 2605421 3-bahan-rumahan-untuk-hilangkan-bekas-gatal-menghitam-di-kulit-gampang-banget-pakainya-SHnOurAf0t.jpg Ilustrasi bahan rumahan untuk hilangkan bekas gatal menghitam di kulit. (Foto: Valuavitaly/Freepik)

BANYAK orang mengalami kondisi bekas gatal yang menghitam di kulit. Ini akibat sebelumnya menggaruk secara berlebihan ketika merasakan gatal. Tanpa sadar gatal bekas hitam di kulit itu membekas.

Secara umum bekas gatal bisa menghilang dengan sendirinya. Terkadang juga bisa membekas berwarna hitam sehingga mengganggu penampilan.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam di kulit? Berikut caranya menggunakan bahan rumahan, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

Baca juga: Bikin Produk Kecantikan, Felicya Angelista Ungkap Rasa Syukur 

1. Bawang merah

Dikutip dari Healthline, bawang merah sangat bermanfaat untuk kulit. Ekstrak bawang merah (Allium cep) adalah bahan dalam beberapa krim pencerah kulit dan bekas luka atau gatal tersedia secara komersial. Menurut penelitian, mengoleskan bawang merah dapat secara efektif mencerahkan kulit yang menghitam.

Baca juga: Tanda Bayi Dehidrasi, Berawal dari Mengantuk dan Mulut Kering 

2. Teh hijau

Teh hijau umumnya dikenal untuk diminum, namun ternyata sangat membantu dalam pemulihan bekas gatal yang menghitam di kulit. Berdasarkan penelitian menunjukkan kemungkinan ekstrak teh hijau memiliki efek depigmentasi pada kulit.

Caranya dengan menyeduh sekantong teh hijau dalam air mendidih selama 3–5 menit. Keluarkan teh hijau dan biarkan hingga dingin sebelum diusapkan ke area bekas gatal. Ulangi cara ini sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Lidah buaya

Lidah buaya (Aloe vera) dikenal tanaman yang mengandung aloin, senyawa depigmentasi alami. Menurut sebuah studi pada tahun 2012, terbukti juga mencerahkan kulit bekas gatal yang menghitam hingga luka dan bekerja secara efektif sebagai pengobatan hiperpigmentasi nontoksik.

Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya murni ke area berpigmen sebelum tidur. Lalu bilas menggunakan air hangat keesokan paginya, dan ulangi setiap hari sampai warna kulit berubah cerah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini