Share

Keren, Sepatu Kets Ini Dibuat dari Kertas Origami Daur Ulang

Syifa Fauziah, Jurnalis · Minggu 05 Juni 2022 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 05 194 2606037 keren-sepatu-kets-ini-dibuat-dari-kertas-origami-daur-ulang-YxXBAXG5Hz.jpg Sepatu Daur Ulang. (Foto: Spingle)

SUSTAINABLE fashion atau fashion berkelanjutan memang semakin banyak diterapkan oleh berbagai rumah mode dan brand. Pasalnya, industri fashion memang menjadi salah satu pencemar terbesar di dunia.

Salah satu negara yang menjujung fashion berkelanjutan adalah Jepang. Mereka pun kerap menghadirkan fashion-fashion dengan desain dan motif yang unik namun tetap ramah lingkungan.

Baru-baru ini, salah satu brand lokal asal Hiroshima, bernama Spingle merilis sepatu kets yang bahannya terbuat dari kertas origami yang sudah di daur ulang.

Spingle berkolaborasi dengan Camino yang merupakan produsen bahan ramah lingkungan, dengan menghadirkan sepatu kets edisi terbatas bernama Spingle Move SPM-1005

Sepatu Daur Ulang

Dilansir dari Timeout, sepatu Spingle Move SPM-1005 menggunakan material kain kanvas yang terbuat dari bangau kertas origami daur ulang yang dikumpulkan dari Hiroshima.

Setiap tahun, sekitar 10 juta bangau kertas disumbangkan ke Hiroshima dari seluruh dunia sebagai simbol harapan perdamaian. Melalui Proyek Camino's Ongaeshi Camino, kertas origami itu didaur ulang menjadi benang yang dapat digunakan dalam berbagai produk.

Butuh waktu sekitar satu tahun bagi Shinohara Textiles untuk membuat kanvas unik ini dari benang daur ulang. Sol bagian dalam sepatu memiliki makna sebagai penghormatan kepada burung bangau dengan motif burung bangau kertas lipat warna-warni.

Sementara itu untuk tali sepatunya dibuat dari kapas dan rami alami. Bagian dalam sepatu juga dilengkapi lapisan Cool Maxim yang memiliki sifat antibakteri dan deodoran. Sepatu ini dijual seharga 18.700 yen atau setara Rp2.150.500 dan tersedia di toko online Spingle.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini