Share

Buat Kulit Cerah, 13 Makanan Ini Buat Anda Awet Muda

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 05 Juni 2022 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 05 611 2605986 buat-kulit-cerah-13-makanan-ini-buat-anda-awet-muda-EgwL0xOLIp.jpg Ilustrasi Perawatan Kulit. (Foto: Shutterstock)

HAMPIR semua orang, terutama para perempuan ingin kulitnya terlihat cerah. Tidak heran, jika banyak orang rela menghabiskan banyak uang demi melakukan perawatan kecantikan.

Tapi, sebenarnya untuk mencerahkan kulit bukan hanya lewat krim dan sederet perawat kecantikan lainnya. Mengubah pola makan dan memilih bahan makanan tertentu juga dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah.

Asupan tertentu kaya kandungan vitamin dan mineral, termasuk antioksidan yang baik untuk melawan kulit kering, serta mencegah peradangan dan tanda penuaan. Penasaran apa saja makanan yang dapat mencerahkan kulit? Simak daftarnya di bawah ini seperti dilansir dari KlikDokter:

Stroberi

Makanan yang bisa membuat kulit tampak putih yang pertama adalah buah stroberi. Bersama jenis buah beri lainnya, stroberi sangat kaya akan vitamin C. Vitamin C dapat menjaga kesehatan jaringan ikat di bawah kulit, sehingga tetap kencang, kuat, dan sehat.

Stroberi juga tinggi akan folat (vitamin B), serat, dan susunan fitokimia yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas.

Perawatan Wajah

Tiram

Tiram bagus untuk kulit karena mengandung zink yang tinggi. Konsumsi tiga tiram setiap hari akan memenuhi kebutuhan zink (seng) harian Anda. Tiram juga memberi muatan protein signifikan yang juga baik untuk kulit. Zink merupakan zat yang sangat berperan untuk kesehatan kulit secara umum dan pembentukan sel kulit baru.

Selain itu, zink juga bermanfaat mencegah inflamasi (peradangan). Manfaat ini penting untuk meredakan kondisi-kondisi iritasi yang mungkin bisa terjadi di kulit.

Jeruk

Makanan yang bikin kulit terlihat putih dan cerah berikutnya adalah jeruk. Buah manis asam ini kaya akan vitamin C yang dibutuhkan untuk pembentukan kolagen dan menjaga kulit tetap kencang.

Tak ada salahnya untuk selalu sedia stok jeruk di kulkas agar Anda bisa menikmatinya setiap hari. Selain menyegarkan, manfaatnya sebagai makanan untuk mencerahkan kulit bisa diperoleh.

Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten. Prekursor vitamin A di dalam tubuh ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit. Wortel juga kaya akan potassium dan serat, serta rendah kalori dan hampir bebas lemak.

Wortel dapat dinikmati dalam berbagai sajian, tidak melulu dalam bentuk jus. Cobalah makan wortel dengan saus cocol rendah kalori, mencampurkannya ke mangkuk salad, dan lain-lain.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, maupun herring sangat kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak ini penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan kulit kering.

Selain itu, ikan berlemak juga kaya akan koenzim Q-10. Koenzim Q-10 atau CoQ10 merupakan substansi menyerupai vitamin yang ditemukan secara alami di tubuh. Peranannya adalah membantu pertumbuhan sel dan melawan radikal bebas yang merusak kulit.

Selain kaya akan omega-3, salmon diketahui sebagai sumber vitamin E, protein, selenium, dan seng yang sangat baik. Kalori salmon juga tergolong rendah, sehingga cocok untuk segala jenis diet.

Ubi

Tak disangka-sangka, ubi kaya akan vitamin C yang sempurna untuk membantu kulit dalam kondisi baik. Ubi juga mengandung potassium dan serat yang tinggi. Beberapa jenis ubi yang berwarna jingga terang juga merupakan sumber beta-karoten yang sangat baik.

Beta-karoten akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, yakni salah satu vitamin penting untuk kecantikan kulit. Anda bisa merebus dan memanggang ubi, atau mencampurkan potongan ubi matang ke dalam semangkuk salad.

Alpukat

Siapa yang meragukan alpukat sebagai makanan untuk mencerahkan kulit? Alpukat kaya akan vitamin E, yaitu jenis antioksidan yang sangat penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan awet muda.

Sekitar 1/2 buah alpukat menyediakan 14 persen kebutuhan harian vitamin E Anda. Kandungan vitamin C dari alpukat juga sangat tinggi, yaitu mencapai 11 persen dari kebutuhan harian.

Paprika

Paprika juga tergolong sebagai makanan untuk mencerahkan kulit. Paprika kaya akan beta-karoten. Selain itu, paprika juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu produksi kolagen. Kolagen dapat menjaga agar kulit Anda tetap kenyal, kuat, dan cerah, sehingga tampak lebih putih.

Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang bisa menjaga kesehatan kulit. Beberapa di antaranya adalah zink, vitamin A, dan vitamin C. Makan brokoli secara rutin dan dalam porsi secukupnya dapat membantu Anda mendapatkan kulit yang cerah dan terlihat lebih putih.

Kiwi

Kiwi merupakan buah yang memiliki lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang menjaga kulit dari serangan radikal bebas.

Selain enak dimakan langsung, kiwi juga cocok dijadikan taburan (topping) di atas berbagai kudapan, misalnya yoghurt rendah lemak. Jadikan yoghurt kiwi sebagai salah satu makanan yang membuat kulit tampak putih dalam diet sehari-hari.

Biji Bunga Matahari (Kuaci)

Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian baik unutk menjaga kesehatan kulit, termasuk biji bunga matahari. Satu ons bunga matahari mengandung vitamin E untuk memenuhi 49 persen asupan yang direkomendasikan harian. Selain itu, makanan yang dapat mencerahkan kulit tersebut juga kaya akan selenium, zinc, dan protein, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Kedelai

Kedelai kaya akan isoflavon, salah satu jenis antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi kulit, utamanya kulit wanita. Pada sebuah penelitian, wanita usia dewasa muda yang rutin mengonsumsi kedelai setiap hari selama 8-12 minggu diteliti mengalami penurunan keriput dan memperbaiki elastisitas kulit.

Manfaat kedelai untuk kulit juga terlihat pada wanita yang telah mengalami menopause. Kedelai berpotensi mengatasi kulit kering dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit lebih sehat dan lembut.

Tomat

Tomat termasuk sumber vitamin C terbaik dan mengandung salah satu jenis carotenoids, seperti likopen yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Itulah beberapa makanan yang dapat membantu mencerahkan kulit agar tampak lebih putih. Anda bisa memasukkannya dalam menu makanan harian, sehingga manfaatnya lebih maksimal.

Kemudian, maksimalkan juga usaha Anda dengan perawatan kulit dari luar. Rajinlah membersihkan wajah, memakai tabir surya, menggunakan pelembap sesuai jenis kulit, tidak merokok, dan minum air putih yang cukup.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini