Share

Lezatnya Nasi Kandar Khas Malaysia 'Kembaran' Nasi Padang Indonesia

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 06 Juni 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 06 298 2606116 lezatnya-nasi-kandar-khas-malaysia-kembaran-nasi-padang-indonesia-TdWAe7JHOi.jpg Nasi Kandar Kembaran Nasi Padang (Foto: Siska/MPI)

SEBAGAI negara serumpun yang bertetangga, Indonesia dan Malaysia mempunyai sejumlah kemiripan. Termasuk kuliner-kuliner Malaysia yang mempunyai kemiripan dengan Indonesia.

Salah satunya yakni Nasi Kandar, yang konsep dan tampilannya sekilas mirip Nasi Padang. Meski tampak serupa, tetapi keduanya tak sama.

Dalam perjalanan ke Malaysia bersama Fam Trip Tourism Malaysia Jakarta dan BMC Travel & Tours, MNC Portal berkesempatan menyicipi hidangan Nasi Kandar. Hidangan tersebut tersebar di berbagai tempat makan di Malaysia, dan salah satunya yang populer yakni Nasi Kandar Pelita di Kuala Lumpur.

Nasi Kandar

Sesuai namanya, makanan khas Pulau Pinang ini adalah sajian nasi putih dengan aneka lauk lengkap dan kuah kari. Inilah yang membedakan antara Nasi Kandar dan Nasi Padang.

“Berbeda dengan Nasi Padang yang biasanya menggunakan kuah sayur, kalau Nasi Kandar ini memakai kari sebagai bumbu yang disiramkan ke atas nasi,” kata Haryanty Abu Bakar selaku Deputy Director Tourism Malaysia kepada MNC Portal.

BACA JUGA : Terungkap! Di Balik 1 Porsi Nasi Padang Dapat Menyumbang 664 Kalori

Selain disiram kuah kari, Nasi Kandar juga disajikan bersama aneka lauk lainnya. Mulai dari ayam goreng, fish head curry atau kari kepala ikan, dan beef curry.

Nasi Kandar

Uniknya lagi, pembeli Nasi Kandar bisa memilih aneka lauk pauk yang tersedia di balik etalase kaca. Nantinya, pelayan restoran lah yang akan mencampurkannya bersama nasi putih. Konsep tersebut kurang lebih mirip dengan warung Nasi Padang yang banyak tersebar di Indonesia.

“Sama seperti Nasi Padang, menikmati Nasi Kandar juga enaknya pakai tangan,” ujar Haryanty.

Untuk harganya, Nasi Kandar sendiri dibanderol harga RM10 hingga RM12, bergantung dengan lauknya. Artinya, untuk menikmati seporsi Nasi Kandar, Anda harus merogoh kocek sekira Rp30 ribuan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini