Share

4 Makanan Penting untuk Mengelola Hipertensi

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 06 Juni 2022 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 06 298 2606639 4-makanan-penting-untuk-mengelola-hipertensi-8J4YcC43Bl.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)

HIPERTENSI atau tekanan darah tinggi, sayangnya saat ini sudah jadi penyakit umum akibat gaya hidup yang tak sehat.

Saat tekanan darah melonjak naik, umumnya akan mengakibatkan rasa nyeri pada dada, pusing, sakit kepala, dan kebutaan. Bahkan sampai akibat yang fatal seperti menyebabkan serangan jantung.

Dalam hidup pengidap hipertensi, diet memerankan peran yang begitu penting. Beberapa jenis makanan tertentu bisa memperburuk kondisi Anda, namun beberapa lainnya diketahui bisa membantu untuk mengelola kondisi pengidap hipertensi. Melansir NDTV, Senin (6/6/2022) berikut uraian singkat empat makanan penting untuk mengatur hipertensi, yang direkomendasikan ahli gizi dan kesehatan, Nmami Agarwal di bawah ini.

1. Sayuran berdaun hijau: Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan selada kaya akan kalsium, potasium, magnesium dan antioksidan yang bermanfaat bagi penderita hipertensi. Contohnya, zat kalium yang ternyata membantu ginjal untuk membuang kelebihan natrium dalam tubuh.

2. Pisang: Buah berwarna kuning ini kaya akan potasium, yang disebutkan bisa membantu mengatur tekanan darah. Jadi, ada baiknya Anda biasakan makan satu pisang sehari sebagai asupan buah, atau bisa juga diolah menjadi makanan lainnya.

(Foto: NDTV)

 

3. Buah bit: Beetroot alias buah bit teryata tinggi akan kandungan oksida nitrat, yang membantu membuka pembuluh darah dan meningkatkan alirannya dalam tubuh.

4. Bawang putih: Rempah satu ini bersifat sebagai antibiotic dan dalah anti-biotik dan anti-jamur. Selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan oksida nitrat, melemaskan otot dan melebarkan pembuluh darah yang membantu mengurangi tekanan darah. Jadi, jangan lupa cantumkan bawang putih dalam masakan Anda.

 BACA JUGA:3 Makanan Diet yang Punya Kandungan Nutrisi Lengkap

BACA JUGA:Makanan Diet Ekstrem para Member BTS, ARMY Mau Coba?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini