Share

Guys, Ini 3 Penyebab Utama Rambut Rontok yang Sering Terjadi di Indonesia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 06 Juni 2022 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 06 611 2606531 guys-ini-3-penyebab-utama-rambut-rontok-yang-sering-terjadi-di-indonesia-l4CH2qTOQB.jpg Ilustrasi Rambut Rontok. (Foto: Shutterstock)

KERONTOKAN rambut memang bisa berujung pada kebotakan menyeluruh atau sebagian pada rambut seseorang. Meskipun tidak ada efek bagi kesehatan, tapi rambut rontok tentu saja bisa membuat seseorang minder.

Masalah estetika ini bahkan bisa menyebabkan gangguan serius pada kepercayaan diri yang menurun. Memang, kerontokan rambut akan terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Tapi, ada juga beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kebotakan dini.

Pada banyak kasus di Indonesia, kebotakan menurut Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik The Clinic Beautylosophy Cipete dr Nilam Permatasari, SpBP-RE, disebabkan oleh beberapa masalah.

"Ketika bicara soal kebotakan atau penipisan rambut, ada multifaktor yang menentukan seseorang mengalami masalah tersebut. Ada faktor yang bisa dicegah, tapi ada juga yang sulit untuk dihindari," papar dr Nilam saat diwawancarai MNC Portal di The Clinic Beautylosophy Cipete, Jakarta Selatan, Senin (6/6/2022).

Rambut Rontok

Secara lebih detail, berikut 3 faktor seseorang bisa mengalami kebotakan rambut:

Faktor genetik

Menurut dr Nilam, ini adalah faktor penyebab yang sulit untuk dihindari. Bila Anda terlahir dari orangtua yang punya masalah ini, kemungkinan besar akan mengalaminya juga.

Gaya hidup

Siapa sangka, saat Anda mengalami rambut rontok, tapi mencari penanganan ke salon bukan ke dokter atau ahli rambut, maka itu malah bisa membuat kebotakan semakin serius.

"Treatment yang dilakukan di salon seperti catok, hair dryer, penggunaan hairspray yang mengandung bahan kimia, itu bisa memicu kebotakan. Karena itu, tidak boleh sembarang dalam merawat rambut," kata dr Nilam.

Hormonal

Khususnya pada perempuan, faktor rambut tipis atau kebotakan juga bisa karena hormonal, terutama pada perempuan yang baru melahirkan.

"Secara alamiah, perempuan yang baru melahirkan itu bisa mengalami penipisan rambut. Karena adanya masalah itu, penting bagi si ibu datang ke hair expert untuk mendapat penanganan yang tepat," tambahnya.

Jadi, itu dia 3 penyebab kebotakan atau penipisan rambut yang paling banyak dialami masyarakat Indonesia. Dokter Nilam menyarankan agar tidak ragu mempercayakan masalah rambut ke ahlinya.

"Bukan hanya kesehatan tubuh secara umum, kulit, bibir, atau gigi saja yang perlu mendapat penanganan khusus dokter, tapi kini rambut juga bisa ditangani oleh dokter dan pilihan itu jauh lebih baik karena penanganan akan dilakukan dengan tepat dan optimal," ungkap dr Nilam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini