Share

Alasan Kenapa Penting Pakai Sunscreen di Kelopak Mata

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 06 Juni 2022 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 06 611 2606591 alasan-kenapa-penting-pakai-sunscreen-di-kelopak-mata-6o5XsE6nww.JPG Ilustrasi penggunaan sunscreen, (Foto: Freepik)

SUDAH banyak orang, baik itu wanita atau pria yang paham akan pentingnya penggunaan sunscreen atau tabir surya sehari-hari, untuk menjaga kesehatan kulit dari luar dan dalam.

Saat mengenakan sunscreen, wajah biasanya jadi yang paling diutamakan. Tapi satu spot yang paling sering dilupakan banyak orang, ialah kelopak mata. Ya, Anda tak salah membaca kok! Padahal, kelopak mata juga sangat penting untuk dilindungi oleh sunscreen.

Faktanya, seperti dikatakan Dr. Karan Lal of Schweiger dari Dermatology Group, ia sering mendapati kanker kulit terburuk terjadi di area kelopak mata. Padahal, operasi kanker kulit di area satu ini termasuk sulit dan bisa menyebabkan jaringan parut yang signifikan, yang mana mengakibatkan mata kering kronis.

Mengoleskan sunscreen di area kelopak mata, mungkin terdengar asing. Sebab, selama ini kita terbiasa dengan anjuran untuk menghindari area mata saat memakai produk skincare. Bisa juga karena ada pengalaman buruk, memakai sunscreen yang salah dan membuat kulit di sekitar mata jadi iritasi, atau sesimpel takut riasan mata jadi berantakan.

Alasan pertama mengapa mengoleskan sunscreen di bagian kelopak mata itu sangat penting. Sebab faktanya, area ini juga termasuk area kulit yang terpapar radiasi sinar UV.

“Sangat penting untuk mengoleskan tabir surya ke semua area kulit yang terpapar radiasi UV, termasuk kelopak mata. Kami sering melihat kanker kulit terkait sinar matahari di area mata, dan dalam beberapa kasus, kanker kulit di area mata bisa lebih sulit diobati dan lebih agresif,” jelas Dr. Hadley King, dermatologis asal New York, dikutip dari Huffingtonpost, Senin (6/6/2022).

Senada dengan Dr. Hadley, Dr. Papri Sarkar, menekankan bahwa kelopak mata adalah tempat yang sangat sulit jika sampai diperlukan pembedahan karena kanker kulit.

“Ada beberapa tempat yang sangat tidak menyenangkan untuk menjalani operasi kanker kulit, dan area sekitar mata pasti salah satunya. Menggunakan tabir surya di area ini, bisa mencegah hal itu terjadi,” tuturnya.

 BACA JUGA:Begini Cara Pakai Sunscreen Tanpa Takut Kena Jerawat

BACA JUGA:Benarkah Sunscreen Waterproof Itu Tahan Air?

Kelopak mata rentan terhadap hiperpigmentasi pasca inflamasi akibat gesekan dan garukan karena kulit di area ini sangat tipis. Mengingat kulit kelopak mata sangat tipis, maka dari itu sangat rentan mengalami kerusakan akibat sinar matahari. Salah satu upaya mengurangi risiko kerusakan tersebut yakni dengan menggunakan tabir surya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini