Share

Berapa Kalori Kentang Rebus? Ketahui Jawabannya di Sini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 298 2607271 berapa-kalori-kentang-rebus-ketahui-jawabannya-di-sini-h85s33s4IY.jpg Kalori Kentang Rebus (Foto: Foodnetwork)

KALORI kentang rebus akan dibahas dalam artikel ini. Ini agar Anda mengetahu berapa jumlah kalori kentang rebus yang sering menjadikannya sebagai pengganti nasi.

Kentang memang dianggap lebih sehat tapi juga tetap mengenyangkan. Karenanya kentang rebus jadi pilihan menu yang banyak disukai orang.

Kentang rebus dipilih karena dinilai lebih menyehatkan dibandingkan kentang goreng. Alasan cara pengolahan dianggap lebih baik karena kalau kentang goreng menggunakan minyak yang berpotensi menaikkan kadar lemak di dalamnya.

Kalori Kentang Rebus

(Kalori Kentang Rebus, Foto: Foodnetwork)

Karena dianggap lebih menyehatkan, Anda perlu tahu berapa sebetulnya kalori kentang rebus. Jangan sampai jumlahnya ternyata tidak sesuai dengan apa yang disarankan dokter untuk batas maksimal kalori per hari.

So, berapa kalori kentang rebus?

Mengacu pada laporan laman Kalori Makanan, kentang rebus itu adalah 115 kkal per 1 biji kentang. Nilai tersebut berlaku juga pada kentang yang kulitnya sudah dikupas saat direbus.

Tapi, kalau hidangan 100 gram kentang rebus, jumlah kalorinya ternyata lebih rendah yaitu 76 kkal. Tentu, ini bisa pertimbangan jika 115 kkal dianggap terlalu tinggi.

Sementara itu, kandungan gizi lainnya yang ada di kentang rebus antara lain lemak sebanyak 0,2 gram, kolesterol 0 mg, karbohidrat 26,8 gram, protein 2,1 gram, dan kalsium 40,8 mg.

BACA JUGA : Segini Kalori Mie Goreng Kesukaan Kamu, Jangan Kaget Ya!

BACA JUGA : Jumlah Kalori Tahu Goreng, Batasi Konsumsinya

Di sisi lain, berapa kalori dari kentang goreng?

Menurut laporan Fatsecret, per 1 porsi kentang goreng, kalorinya itu sebesar 156 kkal. Lemak yang terkandung di dalamnya 8,01 gram, karbohidrat 20,33 gram, dan protein 1,98 gram.

Sayangnya, kentang goreng buatan rumah kalorinya jauh berkali-kali lipat dibandingkan kentang goreng yang dibeli. Diketahui, kalori kentang goreng buatan rumah itu kalorinya adalah 359 kkal, lemaknya 18,70 gram, karbohidrat 45,38 gram, dan protein 4,21 gram.

Bagaimana dengan perkedel?

Satu perkedel rata-rata kalorinya hanya 21 kkal. Jauh lebih sedikit dibandingkan satu biji kentang rebus ataupun satu porsi kentang goreng. Ini juga bisa jadi pertimbangan buat Anda untuk masuk ke list menu diet.

So, itu dia kalori kentang rebus yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat untuk melancarkan program hidup sehat Anda, ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini