Share

Yuk Ketahui 5 Tanda Tumor Jinak Pada Payudara

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 07 Juni 2022 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 07 481 2607296 yuk-ketahui-5-tanda-tumor-jinak-pada-payudara-XdGnzt1MTo.jpg Ilustrasi Tumor Payudara. (Foto: Shutterstock)

KANKER memang menjadi salah satu penyakit yang belum memiliki obat. Banyak orang yang terpapar kanker, meskipun tidak merokok, minum alkohol atau bahkan hidup sehat.

Memang, beberapa kanker muncul karena faktor genetika dan turunan. Nah, sebelum menjadi kanker biasanya akan muncul benjolan yang bernama tumor. Tumor pun terbagi dua yaitu tumor jinak dan ganas.

Bagi para perempuan, salah satu tumor yang sering muncul adalah di area payudara. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut penjelasan tanda dan gejala dari tumor jinak pada payudara, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sel cenderung tidak menyebar

2. Benjolan: sebagian besar tumbuh perlahan

3. Tidak menyerang jaringan terdekat

4. Benjolan: Tidak bermetastasis (menyebar) ke bagian tubuh lain

5.Benjolan: memiliki batasan yang jelas

Kanker

"Sebagian besar tumor ganas tumbuh dengan cepat, dan sebagian besar tumor jinak tidak. Tetapi ada contoh tumor kanker yang tumbuh lambat dan tumor non-kanker yang tumbuh dengan cepat," keterangan dalam website verywell.

Sebagai informasi, tumor jinak bukan kanker, namun tumor ganas sama artinya dengan kanker. Menurut verywell, tumor jinak tidak bersifat kanker. Tetapi tumor jinak terkadang menekan organ, jaringan, saraf, atau pembuluh darah di dekatnya.

Beberapa tumor jinak ternyata, dapat tumbuh sangat besar, jika terjadi di otak atau di dekat organ vital lainnya. Menurut CDC kanker payudara terdiagnosis oleh dokter dengan adanya tindakan lebih lanjut. Namun, juga dapat diketahui lebih awal dengan tes skrining.

Skrining kanker payudara adalah memeriksa payudara wanita untuk mengetahui adanya kanker sebelum ada tanda atau gejala penyakit.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini