Share

5 Makanan yang Aman Dimakan Walau Tanggal 'Best Before Date ' Sudah Lewat

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 08 Juni 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 298 2607788 5-makanan-yang-aman-dimakan-walau-tanggal-best-before-date-sudah-lewat-aesiwUIQTC.JPG Susu dalam karton (Foto: Freepik)

Sebagai bentuk kehati-hatian dalam mengonsumsi produk makanan dan minuman, banyak orang yang memperhatikan ‘best before date’ (baik dikonsumsi sebelum) yang tertera dalam setiap produk.

Namun, keterangan tersebut kerap membuat banyak orang salah kaprah, dengan menganggap jika produk makanan itu sudah tidak boleh lagi dikonsumsi setelah lewat dari tanggalnya.

Tapi tahukah Anda? Pada beberapa jenis produk makanan tertentu, masih boleh dikonsumsi meski sudah lewat tanggal ‘best before date’ nya. Apa saja produk tersebut? Merangkum Ny Post, Rabu (8/6/2022) ini dia lima produk makanan yang aman dikonsumsi meski tanggal ‘best before date’ sudah lewat.

1. Susu: Sebagian besar susu boleh dikonsumsi hingga satu minggu setelah tanggal yang ada di kemasannya. Namun hal ini tergantung pada jenis susu yang Anda beli, umumnya semakin tinggi kandungan lemaknya, maka semakin sedikit daya tahannya. Jika masih ragu, coba cium atau endus aroma susu tersebut untuk memeriksa apakah sudah asam atau belum.

2. Telur: Telur biasanya biasanya aman untuk dimakan selama berminggu-minggu setelah tanggal best before date dicetak. Tapi memang semakin jauh dari tanggal maka telur semakin tidak segar, tetapi bukan berarti kita tidak bisa mengonsumsi telur tersebut. Jika tidak yakin, cara terbaik untuk mengetesnya, coba masukkan telur ke dalam air dan jika telurnya miring ke atas atau mengapung, buang telur itu.

BACA JUGA:4 Makanan Penting untuk Mengelola Hipertensi

BACA JUGA:4 Makanan yang Bikin Kulit Bercahaya, Konsumsi Yuk!

3. Pasta: Pasta kering umumnya aman hingga dua tahun setelah tanggal kadaluwarsa. Tapi bila menyukai pasta yang segar, memang sebaiknya pasta dimakan hanya sampai lima hari setelah tanggal pada kemasannya. Setelah pasta dimasak, umumnya aman dikonsumsi hingga satu pekan. Namun untuk penyimpanan lebih lama hingga delapan bulan, bisa dimasukan ke freezer.

4. Keju: Bahkan jika keju di rumah sudah tumbuh jamur, biasanya tetap bisa dimakan dengan cara dikikis bagian yang berjamurnya. Keju seperti camembert atau brie sering tumbuh jamur putih, yang baik untuk dimakan. Namun jika jamurnya berwarna oranye, biru atau hijau pada jenis keju ini, keju sudah tidak bisa dimakan lagi. Sementara untuk blue cheese, lihat jamur yang berkumpul di satu tempat, jamur yang cerah dan berurat tidak masalah untuk dimakan.

5. Bumbu kering: Garam, merica, tepung dan soda kue dan gula semuanya boleh dimakan dalam waktu yang cukup lama, karena produk ini disebutkan punya kelembapannya yang kurang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini