Share

4 Tips Merawat Mainan Kayu agar Semakin Awet

Tim Okezone, Okezone · Rabu 08 Juni 2022 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 612 2607753 4-tips-merawat-mainan-kayu-agar-semakin-awet-hUPLAp3Oor.jpeg Ilustrasi Mainan Kayu. (Foto: Okezone)

MEMILIH mainan untuk anak memang memiliki cukup banyak pertimbangan. Tidak hanya ingin mainan yang bermanfaat, tapi para orangtua pastinya ingin mainan tersebut awet.

Oleh karena itu, banyak mainain kini dibentuk dari kayu dan buka plastik. Mainan kayu pun kini semakin banyak bentuk dan ragamnya, sehingga harganya juga cukup terjangkau.

Memang, mainan dari kayu tak hanya bisa membantu merangsang kreativitas buah hati, tapi pada umumnya lebih awet karena relatif tak mudah rusak. Namun, cara perawatan yang salah bisa membuat mainan yang harusnya awet menjadi cepat rusak.

Agar kondisinya tetap baik hingga bertahun-tahun, Anda perlu tahu cara yang tepat dalam membersihkan mainan kayu. Simak kiatnya di bawah ini, dikutip dari Antara.

Mainan Anak

Jangan rendam mainan di dalam air

Kayu merupakan material yang berpori-pori, sehingga merendam mainan kayu dapat mengubah bentuk dan cat pada mainan yang dapat menyebabkan mainan cepat rusak.

Lap mainan dengan kain

Untuk menghilangkan debu, lap basah mainan menggunakan air hangat. Lalu jemur dibawah sinar matahari untuk membunuh kuman dan bakteri.

Gunakan Mild Soap

Mainan kayu yang di cat atau dilapisi dengan varnish bisa dibersihkan dengan Mild Soap. Caranya, basahi spons dengan Mild Soap lalu lap mainan hingga bersih.

Gunakan cuka putih atau cuka apel

Noda pada mainan kayu dapat dibersihkan menggunakan cuka putih atau cuka apel yang diencerkan dengan air. Caranya gunakan rasio 1:1 antara cuka dan air, semprotkan pada bekas noda lalu gosok dengan spons.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini