Share

Seniman Muklay Bocorkan Rahasia Karya Seni Bisa Dilirik Industri, Kepoin Yuk!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2022 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 09 612 2608776 seniman-muklay-bocorkan-rahasia-karya-seni-bisa-dilirik-industri-kepoin-yuk-nZKuUmzvWV.jpg Seniman Muklay bagikan tips agar karya seni dilirik industri (Foto: Sukardi/MPI)

BUKAN hal mudah bagi seniman untuk mendapat panggung di mata industri. Itu juga yang dirasakan Muchlis Fachri atau Muklay, butuh waktu 4 tahun sampai akhirnya karyanya dilirik satu brand.

"2014 pertama kali gue berkolaborasi dengan brand, sedangkan gue mulai profesional di bidang desain ini dari 2010," kata Muklay saat ditemui MNC Portal di Digimap PIM 3, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022).

Seniman Muklay

Selama 4 tahun, Muklay mengatakan bahwa dirinya hanya berkarya dan berkarya. Lagi pula, dirinya pun tidak menaruh target untuk karyanya bisa dipakai untuk satu brand tertentu.

"Ya, gambar aja terus. Lagipula, emang enggak berharap juga. Tapi, ternyata ada yang ajak kolaborasi, ya, dijalani," ungkap lulusan Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Jakarta tersebut.

So, apa rahasia Muklay sampai akhirnya bisa dilirik industri?

BACA JUGA : Abd Khafidz Fadli Sabet Installation Art Of The Year 2022, Berharap Seniman Instalasi Bisa Mendunia

Menurutnya, seorang seniman itu harus nyaman dengan karyanya. Ini yang membuat seniman dan karyanya bisa menyatu dan terikat, sampai akhirnya tercipta karakter atau identitas yang membedakan dia dengan seniman lain.

"Sebetulnya tidak ada formula pasti. Tapi, sebagai seniman Anda harus nyaman dengan karya Anda dulu. Jadi, sebelum mengarah ke industri, seniman harus nyaman dulu dengan karyanya," kata Muklay.

Ia menambahkan, "Jika seniman belum nyaman dengan karyanya dan apalagi kena 'brief' klien, lalu 'bete', ya, enggak akan ketemu. Jadi, nyaman dengan karya itu menurut saya penting sebagai seorang seniman."

Muklay sendiri baru saja berkolaborasi dengan Digimap PIM 3 membuat 10 karakter yang sangat unik nan menggemaskan. Desain tersebut bisa dilihat di store Digimap PIM 3, bahkan tersaji juga di merchandise berupa tas dan aksesori.

Seniman Muklay

"Inspirasi kolaborasi ini adalah unique selling point Digimap sebagai brand yang stylish, up-to-date, trusted, reliable, dan fast, yang itu semua divisualkan dalam desain buatan Muklay," kata Farah Fausa Winarsih, Head of Marketing PT MAP Zona Adiperkasa.

Farah melanjutkan, Muklay sendiri merupakan seniman Indonesia yang karyanya bukan hanya diakui di Tanah Air, melainkan sudah Internasional. Hal ini yang juga menjadi alasan brandnya memilih Muklay dan juga NIION dalam mencipta merchandise exclusive.

"Karya Muklay itu sudah diakui di luar negeri. Dan kami coba gabungkan dengan brand lokal lain yaitu NIION untuk menciptakan merchandise spesial," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini