Share

Harga Cabai Tembus Rp120 Ribu, Begini Tips Makan Pedas Tanpa Cabai

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2022 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 10 298 2609404 harga-cabai-tembus-rp120-ribu-begini-tips-makan-pedas-tanpa-cabai-bGZe7H48C2.jpg Ilustrasi Cabai. (Foto: Shutterstock)

CUACA tak menentu memang mendatangkan banyak penyakit, seperti demam berdarah dan disentri. Tapi selain manusia, tanaman juga terdampak dari cuaca yang berubah-ubah ini, salah satunya adalah tanaman cabai.

Nah, ketika tanaman cabai banyak yang rusak, sudah tentu akan berdampak pada harga pangan di Indonesia. Tidak heran jika kemudian harga cabai rawit merah mengalami kenaikan tajam.

Mengutip Info Pangan Jakarta, pada 9 Juni harga cabai rawit merah tembus Rp120 ribu per kilogram (kg). Harga ini berlaku di Pasar Kalibaru dan Pasar Mayestik. Sementara di pasar lain tak jauh berbeda. Seperti Pasar Glodok, Pasar Pramuka, Pasar Kramat Jati, serta Pasar Pulo Gadung, dibanderol Rp100 ribu per kg.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, kenaikan harga cabai ini disebabkan oleh curah hujan yang masih tinggi di beberapa daerah.

Hal ini tentunya merupakan kabar buruk bagi para pencinta kuliner, khususnya mereka yang tidak bisa lepas dari makanan bercita rasa pedas. Kendati demikian, ada sejumlah cara untuk menyiasati kenaikan harga tersebut.

"Kalau memang dirasa harga cabai di daerah tertentu sudah sangat tinggi, dan terpaksa mencari alternatif lain sambil menunggu harga kembali stabil, masyarakat Indonesia bisa membuat masakan yang menggunakan merica walaupun rasa pedas merica berbeda dengan rasa pedas cabai," tutur Chef Degan Septoadji.

Salah satu mantan juri Junir MasterChef Indonesia itu juga sempat menerangkan, beberapa suguhan lezat yang dapat Anda olah tanpa harus menggunakan cabai keriting, rawit, maupun cabai merah besar.

"Bermodalkan merica, Anda bisa membuat daging tumis lada hitam atau kepiting lada hitam, atau ayam bakar lada hitam di rumah. Makanan ini memiliki sensasi pedas yang khas. Selain itu, Anda juga bisa memasak menggunakan cabai kering atau cabai bubuk," pungkasnya.

Sekadr informasi, untuk cabai merah keriting tembus di harga Rp90 ribu per kg. Harga tersebut berlaku di Pasar Jembatan Merah dan Pasar Sunter Podomoro. Sementara pasar lainnya seperti Pasar Senen Blok III-IV, Pasar Kramat Jati, serta Pasar Gondangdia dibanderol Rp80 ribu per kg.

Selanjutnya, jenis cabai yang makin pedas adalah cabai rawit hijau. Teman makan gorengan ini harganya tengah melejit. Di Pasar Pal Merah dan Pondok Labu saja sampai tembus Rp100 per kg. Sedangkan jenis cabai lainnya yakni merah besar atau yang dikenal cabai TW, di Pasar Pulo Gadung harganya naik menjadi Rp90 ribu per kg.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini