Share

5 Tanaman yang Dapat Ditanam dengan Cara Hidroponik

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 11 Juni 2022 16:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 11 612 2609753 5-tanaman-yang-dapat-ditanam-dengan-cara-hidroponik-I2LTnlCZNm.jpg 5 tanaman yang dapat ditanam dengan cara hidroponik (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Hidroponik merupakan salah satu cara membudidaya tanaman dengan media air. Tentu hal ini bisa dilakukan di rumah sendiri, sebab tidak membutuhkan lahan yang besar.

Diketahui, terdapat beberapa kelebihan dari sistem hidroponik, seperti dapat ditanam di lahan sempit, efisien, dan kebersihannya terjaga.

Beragam tanaman pun dapat ditanam dengan cara hidroponik, kira-kira apa saja?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar 5 tanaman yang dapat ditanam dengan cara hidroponik.

1. Bayam Merah

Selain bayam biasa, bayam merah dapat pula dibudidayakan dengan hidroponik. Bayam merah kaya akan zat besi sehingga dapat pula dijadikan bahan makanan sehari-hari.

Dibutuhkan media tanam seperti rockwool, air serta bibit bayam merah yang sudah tua. Selama tujuh hari pertama, semprotkan bibit bayam merah dengan campuran air dan pupuk. Setelahnya baru diperbolehkan menggunakan air biasa.

2. Pakcoy

Salah satu kelebihan dari sayuran pakcoy adalah kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Pakcoy juga dapat diolah dalam berbagai kudapan sehat, mulai dari sayuran hingga pelengkap masakan.

Cara menanam pakcoy dengan sistem hidroponik dapat dilakukan menggunakan media rockwool. Apabila dibudidayakan secara tepat, pakcoy siap dipanen dalam waktu kurang lebih sebulan saja. Hal ini karena pakcoy memiliki umur tanam yang singkat.

3. Paprika

Paprika memang terdengar jarang dibudidayakan dengan hidroponik, namun rupanya tanaman ini bisa ditanam dengan menggunakan media air. Sama dengan tanaman lainnya, diperlukan media tanam seperti rockwool untuk menanam paprika.

Sediakan juga termometer dan hygrometer untuk mengukur suhu dan uap air. Selain itu, perhatikan asupan nutrisi paprika agar tumbuh secara maksimal.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Semangka

Selain sayuran, beberapa jenis buah juga dapat ditanam menggunakan sistem hidroponik, salah satunya adalah buah semangka.

Penanaman semangka dengan cara hidroponik dinilai lebih ekonomis karena mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan semangka biasa.

Sehingga, semangka hidroponik dapat dijadikan salah satu pilihan untuk budidaya. Selain itu, semangka juga banyak digemari karena mempunyai banyak kandungan air.

Cara menanam semangka dengan hidroponik mudah, namun memang membutuhkan waktu yang lama, yakni sekitar 2-3 bulan setelah tanam. Penanaman semangka dapat diawali dengan memilih bibit, penyemaian, penanaman, pemeliharaan, hingga panen.

5. Peace Lily

Bukan hanya tanaman buah dan sayur, beberapa tanaman hias juga bisa ditanam dengan menggunakan teknik hidroponik. Salah satunya, peace lily. Karena tidak butuh banyak sinar matahari, peace lily cocok sebagai tanaman di dalam rumah.

Selain dengan media tanah, tanaman ini juga bisa tumbuh baik dengan metode hidroponik. Akan tetapi, perlu diperhatikan kualitas air yang menjadi media tanamnya. Pastikan airnya terbebas dari klorin, karena bunga peace lily sensitif terhadap klorin.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini