Share

5 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Minggu 12 Juni 2022 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 12 611 2610133 5-cara-menghilangkan-flek-hitam-di-wajah-secara-alami-euliVvhlgx.jpg Merawat wajah (Foto: Pinterest)

CARA menghilangkan flek hitam di wajah kerap dicari oleh para wanita. Meskipun tidak berbahaya, flek hitam atau hiperpigmentasi memang sangat mengganggu penampilan. Apalagi bagi kaum hawa yang selalu mendambakan kulit putih berseri.

Namun Anda tak perlu khawatir, ada berbagai cara menghilangkan flek hitam secara alami yang bisa Anda coba di rumah.

Dikutip dari Manipal Hospitals, simak ulasan berikut ini.

 lidah buaya

1. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat yang bermanfaat dan salah satu bahan alami terbaik untuk meningkatkan kualitas kulit. Pasalnya, lidah buaya mengandung 90% asam amino yang ditemukan dalam tubuh dan juga memiliki vitamin A, B, C, dan E di dalamnya. Tanaman lidah buaya memiliki sifat anti-penuaan dan nutrisi kulit. Ini membantu dalam menghilangkan bintik-bintik gelap atau flek hitam dan juga mengurangi perubahan warna pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai penghilang rasa sakit karena memiliki sifat antiseptik. Ia bahkan bekerja sebagai pelembab yang sangat baik dan karena itu dapat membuat kulit Anda halus dan lembut .

2. Tomat

Tomat dapat digunakan sebagai toner yang sangat baik untuk kulit. Selain bagus untuk dioleskan langsung ke kulit, tomat juga sangat bermanfaat untuk dikonsumsi mentah. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin B di dalamnya. Vitamin B diketahui berperan dalam perbaikan sel kulit sehingga bisa mencegah munculnya garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan pasta tomat pada wajah seperti masker wajah dan biarkan selama sekitar 10 menit. Anda bisa membilasnya dengan air dingin.

 BACA JUGA:Wajah Raisa Tanpa Makeup Bikin Netizen Pusing, Istri Hamish Daud Buktikan Cantiknya Paripurna!

3. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin A, C, E dan K, dan enzim papain yang memiliki sifat pembersih kulit, yang dapat menghilangkan flek hitam. Oleskan pasta pepaya matang pada kulit Anda dan biarkan hingga kering. Bilas dengan air bersih setelah 20 menit dan ulangi metode ini setiap hari selama seminggu. Dengan begitu, wajah Anda akan terlihat lebih cerah. Bintik-bintik hitam di wajah pun akan ikut memudar.

4. Madu

Madu murni jadi salah satu masker alami yang bisa mengatasi masalah flek hitam. Caranya pun cukup mudah, Anda bisa mengoleskan madu murni untuk pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air hangat. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin untuk mengecilkan pori-pori. Mengoleskan madu murni pada kulit dapat membuat kulit Anda lebih halus dan lembut. Selain itu, madu juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit karena memiliki sifat menghidrasi.

5. Buttermilk

Buttermilk atau susu mentega kaya akan asam laktat yang membantu menghilangkan kulit mati dari wajah Anda dan mencerahkan flek hitam. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengoleskan buttermilk langsung pada flek hitam dengan bantuan kapas dan biarkan selama 20 menit. Cuci muka dengan air bersih dan lihat hasilnya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini