Share

Mom and Dad, Yuk Jadi Orang Tua yang Tenang dengan 5 Teknik Ini!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 13 Juni 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 196 2610884 mom-and-dad-yuk-jadi-orang-tua-yang-tenang-dengan-5-teknik-ini-cYHW0Ynbei.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)

TIDAK ada orang tua yang ingin diingat sebagai โ€˜monsterโ€™ oleh anak-anaknya. Tapi di satu sisi, kadang berteriak atau marah besar memang tak terhindarkan dilakukan oleh orang tua.

Hadir sebagai sosok orang tua yang tenang, sebetulnya bisa dipelajari dengan berbagai teknik. Nah, jadi penasaran bagaimana sih teknik atau caranya untuk menjadi orang tua yang tenang? Merangkum Timesofindia, Senin (13/6/2022) mari simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Sense of humor: Orang tua yang populer di kalangan anak-anak adalah orang tua dengan selera humor yang bagus. Tidak mengherankan bahwa anak-anak dengan orang tua seperti ini senang mengajak teman-temannya ke rumah. Dalam keluarga, humor yang baik mendorong komunikasi yang terbuka dan tidak terbatas loh! Hormon stres berkurang, endorfin dirangsang, dan sistem kekebalan tubuh jadi diperkuat.

2. Fleksibel: Anak mana sih yang senang punya orang tua kakyu? Maka dari itu, belajar lah jadi orang tua yang fleksibel yang biasanya berpikiran terbuka dan santai. Orang tua yang kaku mendorong pembangkangan dan pemberontakan dari anak-anak, yang akhirnya selalu meningkatkan konflik.

BACA JUGA:Dorong Kepercayaan Diri Anak, Coba Deh Ajak Mereka Belajar Piano

BACA JUGA:Anak Hendak Disunat? Orang Tua Wajib Beri Edukasi dan Motivasi

3. Mengelola emosi: Perpindahan emosional adalah mekanisme pertahanan di mana seseorang mengambil perasaan ke dalam satu situasi dan menempatkannya di tempat lain. Belajar mengenali dan memproses perasaan secara positif, bisa membantu mencegah perpindahan emosional dengan menghindari meledaknya perasaan.

4. Empowerment: Anak-anak dilahirkan dengan keinginan bawaan untuk mendefinisikan diri mereka sendiri dan mengembangkan kekuatan dan bakat unik yang dimiliki. Orang tua yang baik akan mendorong kemandirian anak-anaknya dengan menanamkan tanggung jawab pribadi dan kemandirian. Empowerment bisa diberikan kepada anak setiap hari secara gratis!

5. Perubahan dalam perspektif: Sebagai orang tua, harus adan pergeseran cara pandang Anda terhadap kehidupan. Saat anak-anak tumbuh, mereka akan melewati berbagai pencapaian yang memerlukan perhatian dan bimbingan ekstra. Sebagai orang tua, tugas Anda adalah berhenti menganggap perkembangan dan pertumbuhan anak semuanya jadi terlalu serius.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini