Share

Alergi Susu Sapi? Ini 4 Solusi Penggantinya

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 298 2610319 alergi-susu-sapi-ini-4-solusi-penggantinya-EyDGOFysRk.jpg Ilustrasi Susu. (Foto: Shutterstock)

SUSU memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mengonsumsi susu pun mampu menjaga kesehatan tulang dan otot. Susu murni banyak mengandung protein, kalsium, dan vitamin D.

Tapi, tidak semua orang dapat mengonsumsi susu sapi, karena adanya laktosa dalam susu sapi. Tapi, sebenarnya ada alternatif pengganti dari susu sapi yang dapat Anda konsumsi.

Anda tidak perlu khawatir, karena ternyata banyak susu yang dapat dijadikan alternatif pengganti dari susu sapi, mari simak ulasan berikut ini.

Susu Sapi

Susu kedelai

Susu kedelai dibuat dari kedelai atau protein isolat yang memiliki rasa yang gurih dan lembut. Susu kedelai merupakan pengganti susu sapi yang populer dan sering digunakan untuk campuran sereal atau kopi.

Untuk kandungan nutrisinya, susu kedelai memiliki jumlah protein yang sama dengan susu sapi, namun memiliki jumlah kalori, lemak, dan karbohidrat yang lebih sedikit.

Susu Almond

Susu almond dibuat dengan almond utuh dan air. Susu ini memiliki tekstur yang ringan dengan rasa sedikit manis. Susu almond bisa ditambahkan ke dalam kopi, teh, smoothie, atau sebagai campuran untuk membuat makanan penutup.

Satu cangkir susu almond tanpa pemanis buatan mengandung 30-35 kalori, 2,5 gram lemak, 1 gram protein, dan 1-2 gram karbohidrat. Susu ini juga menjadi sumber vitamin E serta sekelompok antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari zat radikal bebas.

Susu Mete

Susu Mete adalah susu yang terbuat dari kacang meta yang dihaluskan dengan air. Susu ini memiliki rasa yang manis, sedikit pedas dan bertekstur halus.

Kandungan karbohidrat yang ada dalam susu mete ini bisa dibilang cukup rendah sehingga susu kacang mete ini bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki diabetes karena susu ini tidak terlalu memberikan rasa yang manis.

Susu Oat

Susu jenis ini berasal dari campuran air dan oat, meskipun demikian produsen sering menambahkan bahan tambahan berupa minyak dan garam untuk menghasilkan rasa dan tekstur yang diinginkan. Susu oat memiliki rasa manis alami serta tekstur yang ringan.

Satu cangkir (240 ml) susu oat mengandung 140-170 kalori, 4,5-5 gram lemak, 2,5-5 gram protein, dan 19-29 gram karbohidrat.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini