Share

Tahu Beda Baking Soda dan Baking Powder? Ini Loh 4 Perbedaan Utamanya

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 13 Juni 2022 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 298 2610905 tahu-beda-baking-soda-dan-baking-powder-ini-loh-4-perbedaan-utamanya-xwRAcSFUd5.jpg Ilustrasi Baking Soda. (Foto: Shutterstock)

SODA kue atau baking soda dan baking powder memang umum ditemukan sebagai bahan untuk membuat kue. Tapi, apakah Anda tahu perbedaan antara soda kue dan baking powder?

Sebelum menggunakan kedua bahan tersebut, pastinya Anda harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara keduanya. Tidak hanya manfaat, tapi kandungan dan komponen di dalam soda kue dan baking powder juga berbeda lho. Berikut perbedaan soda kue dan baking powder seperti dirangkum dari berbagain sumber.

Kandungan soda kue dan baking powder

Soda kue atau yang dikenal dengan baking soda terbuat dari 100 persen natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Natrium bikarbonat ini memiliki sifat basa yang bila dikombinasikan dengan sesuatu yang asam akan menghasilkan karbon dioksida. Karbondioksida ini akan membantu untuk membuat adonan kue menjadi mengembang.

Baking Soda

Sementara itu, baking powder terbuat dari campuran natrium bikarbonat dan zat penstabil. Zat ini berupa zat asam, pati atau tepung dan krim tartar. Campuran ini akan menghasilkan sifat lebih asam pada baking powder.

Komponen di dalam soda kue dan baking soda

Soda kue terbuat dari 100 persen sodium bikarbonat yang mampu bereaksi cepat setelah dicampurkan dengan bahan cair dengan komposisi asam, sehingga memproduksi karbondioksida. Soda kue biasanya digunakan untuk membuat makanan dengan campuran asam seperti keju, yogurt, buttermilk, dan lainnya.

Sementara itu, baking powder memiliki efek yang lebih besar saat digunakan untuk memanggang kue. Baking powder akan memberi rasa asam pada makanan terutama kue.

Manfaat soda kue dan baking powder

Penggunaan soda kue pada makanan tidak hanya membuat kue menjadi mengembang tapi menghasilkan rasa yang lebih renyah. Namun untuk baking powder sendiri justru dapat membuat kue tidak mengembang jika disimpan di tempat kering yang sejuk. Sebaiknya jauhkan kue dari area yang lembap.

Sifat soda kue dan baking powder

Soda kue memiliki sifat basa sehingga penggunaannya harus diperhatikan. Bila terlalu banyak menggunakan soda kue, adonan akan menghasilkan rasa yang pahit. Sementara itu, kalau Anda menggunakan baking powder banyak tidak akan mempengaruhi rasa. Sebab sifat basa pada baking powder sudah ternetralisir oleh kandungan asam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini